Tari Kreasi Murid SDN 01 Pakan Rabaa Raih Medali Perunggu Tingkat Nasional

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Dunia pendidikan Solok Selatan Kembali toreh prestasi, setelah murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pakan Rabaa, Solok Selatan, meraih medali perunggu pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2022.

Adapun perlombaan yang diikuti adalah bidang seni pertunjukan yaitu Tari Kreasi tingkat SD/MI yang diikuti oleh tiga orang murid sekolah tersebut. Ketiga murid tersebut adalah Iqsan Maimaqtul Akbar, Alfatur Rahman dan Ahmad Asyraf.

Read More

Prestasi yang diperoleh tersebut diumumkan secara daring melalui saluran media sosial Pusat Prestasi Nasional pada saat acara penutupan dan penganugerahan FLS2N Tahun 2022,Jumat (16/09/2022) lalu.

Menurut Kepala SDN 01 Pakan Rabaa, Elfi melalui pendamping kegiatan tari kreasi, Ranti Melina, S.Pd di Padang Aro, (19/09) mengatakan bahwa proses latihan siswa sekolahnya hampir selama empat bulan, sampai terciptanya sebuah karya seni bertajuk ‘’Langkah Ka Surau’’.

Hasil kreasi tersebut juga mendapat bimbingan mahasiswa ISI Padang Panjang dimana isu yang diangkat merupakan kearifan lokal Kabupaten Solok Selatan. Dimana tari kreasi tersebut merupakan bentuk dan upaya perjuangan anak Solsel dalam menuntut ilmu ke Surau (Red : Mushalla).

Surau di minang merupakan sebuah tempat anak dalam menuntut ilmu agama. Selain ilmu agama, Surau juga berperan dalam membentuk mental dan karakter anak. Tentunya hal tersebut merupakan bagian dari implementasi Penguatan Pendidikan Karakter.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan H Khairunas atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan mengucapkan selamat kepada SD Negeri 01 Pekan Rabaa yang telah meraih prestasi dengan raihan medali perunggu pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2022.

“Semoga prestasi ini dapat memacu dan memantik semangat belajar serta berkarya siswa-siswi lainnya di Solok Selatan,” ucap Bupati.

FLS2N merupakan ajang yang digagas oleh Pusat Prestasi Nasional yang merupakan sebuah Lembaga yang berada langsung dibawah naungan Kemendikbud.

Kegiatan ini dilakukan secara daring (online) terkait dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih dialami oleh Indonesia.

Salah satu tujuan dilaksanakannya FLS2N adalah untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang seni di Indonesia, dengan tema “memuliakan Kearifan lokal menembus dunia”. (rls)

Related posts