Terapkan Kurikulum Merdeka, Siswa SMPN 5 Survei Lapangan ke TPA Sungai Andok

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Menerapkan Kurikulum Merdeka, siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama  Negeri (SMPN) 5 melaksanakan Project Gaya Hidup Berkelanjutan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Sungai Andok, Sabtu (6/8/2022).

Sekretaris Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH), Yetti Syofyarni, M.E yang menyambut rombongan di lokasi mengapresiasi SMPN 5.

“Kita mengapresiasi kegiatan ini, karena bisa mengubah mindset generasi muda dengan menyosialisasikan apa itu sampah yang dihasilkan dari rumah tangga maupun non rumah tangga, berapa banyak sampah yang dihasilkan setiap harinya. Jadi anak-anak kita inilah cikal bakal atau pelopor untuk bisa mengurangi sampah yang dihasilkan setiap harinya,” ujarnya.

Ia juga berharap sebagai generasi penerus agar bisa mengajak orang-orang di lingkungan mereka untuk memilah sampah mana yang organik dan non-organik. Tidak menghasilkan sampah yang berlebihan, mengolah sampah dengan menghasilkan berbagai produk nantinya.

Project yang dilaksanakan siswa siswi kelas VII ini mengambil tema “Jejak Karbon”, salah satunya seperti sampah yang dihasilkan oleh kegiatan manusia sehari-hari.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMPN 5, Desfi Zulma, M.Pd pada kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada Perkim LH yang sudah memberikan banyak ilmu kepada siswanya. 

“Karena kita sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, kita harus melakukan project salah satunya Project Gaya Hidup dengan mendatangi TPA ini. Sengaja kami bawa siswa kami kesini agar bisa melihat dengan langsung akibat dari jejak karbon yang dilakukan masyarakat Kota Padang Panjang,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, dengan banyaknya sampah yang dihasilkan setiap harinya lebih kurang 58 ton, siswanya bisa mengurangi hal tersebut dengan menghasilkan produk-produk yang berasal dari olahan sampah, terkhusus sampah yang susah untuk diolah kembali.

Pada kegiatan tersebut, Perkim LH juga melakukan tanya jawab dengan siswa SMPN 5 serta mereview kembali semua yang dijelaskan. (Edi Fatra/tia).

Related posts