Terapkan MPS Dinkes Kota Solok Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Terapkan MPS (Making Pregnancy Safer), Dinas Kesehatan Kota Solok tekan angka kematian ibu dan bayi pada saat dilahirkan.

MPS (Making Pragnancy Safer) merupakan kehamilan yang aman bagi ibu dan bayi saat dilahirkan. MPS merupakan kelanjutan dari program Safe Motherhood dengan tujuan untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi baru lahir.

Read More

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Ardinal, Senin (21/6/2021) ditemui MinangkabauNews.com di Laing mengatakan AKI (Angka kematan ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi) merupakan indikator penting untuk menilai tingkat kesejahteraan suatu negara dan status kesehatan masyarakat.

“Penyebab AKB sebagian besar berkaitan dengan status kesehatan ibu saat hamil, pengetahuan ibu dan keluarga terhadap pentingnya pemeriksaan kehamilan dan peranan tenaga kesehatan serta ketersediaan fasilitas kesehatan,” katanya.

Lebih lanjut Ardinal menyebutkan ibu dan anak merupakan anggota keluarga yang perlu mendapatkan prioritas dalam penyelenggaraan pelayanan upaya kesehatan.

“Ibu dan anak merupakan kelompok rentan terhadap keadaan keluarga. Penilaian terhadap status kesehatan dan kinerja upaya kesehatan ibu dan anak penting untuk dilakukan. Indikator keberhasilan Kesehatan ibu dapat dilihat di AKI ,” jelasnya.

Related posts