Terkait Sumpah Pemuda, Wawako Solok Gelar Diskusi Dengan OKP

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Pada tanggal 28 Oktober 2021 ini, genap sudah 93 tahun diikrarkanya sumpah oleh pemuda pemudi Indonesia. Sumpah yang dikenal dengan sumpah pemuda menjadi perekat pemuda Indonesia dari Sabang hingga Merauke, dari Sangihe hingga Pulau Rote.

Mengingat ini, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra menggelar diskusi dengan beberapa Organisasi Kepemudaan. Diantaranya dengan KNPI Kota Solok dan Kabupaten Solok dan Solok Muda, Kamis (28/10/2021) di Batapati Kafe.

Read More

Wawako mengungkapkan, semangat pemuda adalah semangat berjuang dan berkarya. Pemuda cenderung spontan dan kurang berpikir panjang, tapi karenanya malah menjadi perjuangan yang penuh ketulusan dan keikhlasan.

“Jika dilihat, panjang sekali daftar tokoh kunci pemuda inspiratif yang tidak dikenal sejarah. Sebutlah Soegondo Djojopuspito, Ketua kongres pemuda II tahun 1928 yang menjadi titik tolak gerakan pemuda Indonesia,” tuturnya.

Diceritakan Wawako, pemuda yang inspiratif dan salah satu pemuda yang Andil dalam gerakan pemuda Indonesia, juga ada di Minangkabau. Di antaranya Prof. DR. Muhammad Yamin, pemuda kelahiran Sawahlunto, 24 Agustus 1903, yang sekarang namanya dipakai sebagai nama sebuah Universitas di Solok.

“Hari ini kita memperingati kelahiran sumpah pemuda. Muhammad Yamin merupakan pelopor sumpah pemuda sekaligus pencipta imaji Keindonesiaan yang mempengaruhi sejarah persatuan Indonesia,” ujarnya.

Related posts