Ternyata Remaja yang Sudah Kecanduan Narkotika Bisa Diobati, Berikut Caranya

Ilistrasi

Oleh : Tania Meila Nova
Remaja adalah masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari masa anak-anak menuju ke dewasa. Masa remaja disebut masa yang paling rawan dihadapi individu sebagai anak, pada masa pertumbuhan di masa remaja tersebut sangat mudah anak-anak tersebut untuk dikelabui, atau diajak untuk mau mencoba sesuatu hal yang belum pernah mereka coba sebelumnya.

Rasa penasaran itulah, yang akhirnya membuat anak-anak mencoba, hingga akhirnya bisa kecanduan atau ketergantungan, contohnya saja yaitu kecanduan akan menggunakan narkotika atau obat-obatan terlarang.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Apabila narkotika digunakan untuk sesuatu hal yang salah atau tidak sesuai dengan dosis yang dokter anjurkan, maka itu akan menjadi dampak bagi kesehatan pemakainya karena ia sudah salah menggunakan obat tersebut, maka dari itu ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati orang yang baru mulai menggunakan narkotika, ataupun yang sudah mengalami kecanduan serta ketergantungan akan narkotika terutama pada anak remaja. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengobati hal tersebut. Antara lain:

Kuratif
Program ini biasa dikenal juga dengan program pengobatan, dimana program ini ditujukan kepada para pemakai narkoba. Tujuan dari hal ini yaitu untuk mebantu mengobati ketergantungan dan menyembuhkan penyakit sebagai akibat dari pemakaian narkoba, serta menghentikan pemakaian narkoba.

Tidak sembarangan pihak dapat mengobati pemakai narkoba ini, hanya dokter yang telah paham atau belajar tentang  narkoba secara khususlah yang diperbolehkan mengobati dan menyembuhkan pemakai narkoba ini. Pengobatan ini sangat sulit dan membutuhkan kesabaran  dalam menjalaninya.

Hal yang sangat penting pada pengobatan ini yaitu membutuhkan kesabaran dan Kerjasama sesama dokter, pasien, keluarga serta orang lain yang berhubungan dengan pasien tersebut.

Kelola Aktivitas Harian dengan Sebaik Nungkin

Pecandu narkoba biasanya sangat sulit melepaskan fokusnya pada barang  haram tersebut. Cara yang dapat dilakukan mengatasinya yaitu cobalah alihkan perhatiannya pada kegiatan positif lainnya. Hal ini tentu saja bisa dengan mengalihkan seperti berolahraga secara rutin, menonton film atau melakukan hal-hal positif lainnya.

Melakukan Detoksifikasi

Detoksifikasi termasuk menjadi langkah yang tidak mudah pada saat mengobati pecandu narkoba. Hal ini dikarenakan para pengguna narkoba harus benar-benar terbebas dari konsumsi obat-obatan terlarang. Pada saat melakukan proses ini, maka para pengguna narkoba nanti akan merasakan mual dan sakit pada seluruh anggota badan.

Periksa ke Ahli Terapi/Dokter

Supaya penanganan pengobatan ini lebih intensif dan tepat, periksakan diri ke dokter atau ahli terapis. Maka pada tahap ini dokter dapat mengetahui tingkat kecanduan pada pengguna narkoba.

Melakukan Stabilisasi Untuk Pemulihan Jangka Panjang

Pemulihan jangka panjang sangat perlu dilakukan untuk pecandu narkoba. Salah satunya dengan stabilisasi menggunakan obat resep dengan jangka waktu tertentu.

Terapi Akupuntur Secara Rutin

Terapi akupuntur secara rutin, terapi ini dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk membantu pecandu agar  bisa sembuh dari jeratan narkoba. Cara yang dapat  dilakukan yaitu dengan menusukkan beberapa jarum yang berukuran kecil pada beberapa titik tekan di tubuh.

Penulis adalah Tania Meila Nova Mahasiswi Universitas Perintis Indonesia (UPI) Padang

Related posts