Terbaik Dalam Layanan Kesehatan, Wako Solok Terima Penghargaan UHC

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Terbaik dalam hal pemenuhan hak dasar masyarakat, yaitu bidang kesehatan, dimana lebih 99% Masyarakat Kota telah memperoleh pelayanan kesehatan secara gratis melalui BPJS kesehatan, Walikota Solok Zul Elfian Umar terima penghargaan UHC (Universal Healt Coverage) dari Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi, Selasa (22/11/2022), di ZH Premiere Hotel Kota Padang.

UHC merupakan perghargaan tertinggi dibidang layanan kesehatan yang mengusung konsep reformasi layanan kesehatan, yang mencakup beberapa aspek pelayanan kesehatan.

Read More

Antara lain aksesibilitas dan equitas pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan yang berkualitas dan komprehensif, yang memiliki pelayanan kesehatan preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif, mengurangi keterbatasan finansial dalam pelayanan kesehatan terhadap semua penduduk.

Di temui MinangkabauNews.com, Rabu (23/11/2022), di Balaikota Solok, Wako Solok Zul Elfian Umar menjelaskan bahwa penghargaan yang diterimanya merupakan milik Kota Solok.

Ini merupakan penghargaan yang diberikan pada Kota yang telah berkomitmen memberikan jaminan kesehatan sosial terhadap masyarakat, dan Kota Solok telah melakukannya.

“Pelayanan kesehatan merupakan hak dasar masyarakat, dan itu merupakan kewajiban pemerintah untuk memenuhi hak dasar tersebut. Dan kota Solok telah memenuhi hak-hak masyarakat tersebut dengan mengikutsertakan masyarakat Kota Solok dalam jaminan kesehatan, yang preminya dibayarkan melalui APBD Kota Solok” jelas Wako.

Kepesertaan masyarakat Kota Solok dalam BPJS kesehatan diakomodir melalui KIS (Kartu Indonesia Sehat), JKSS (Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato), dimana Pemko Solok membayar 80% dan 20% dibayarkan Pemprov Sumbar.

Kemudian ada Jamkesko (Jaminan Kesehatan Kota Solok), yang biayanya ditanggung penuh oleh Pemerintah Daerah Kota Solok melalui APBD Kota Solok.

 

Related posts