Thailand Menjadi Juara, Inilah Perjalanan Tim Indonesia di AFF 2022

  • Whatsapp
Timnas Indonesia AFF 2022
Timnas Indonesia AFF 2022 (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, BOLA – Turnamen sepak bola se-Asia Tenggara atau AFF 2022 baru saja berakhir. AFF kali ini dijuarai oleh Thailand setelah mengalahkan Vietnam dengan skor agregat 3-2. Kemenangan ini telah mengukuhkan Thailand sebagai raja sepakbola ASEAN. Saat ini Thailand telah memenangkan tujuh Piala AFF.

Bagi penggemar bola apalagi yang hobi main di fun88 link pasti tidak ingin ketinggalan dengan berita terbaru turnamen bola, termasuk AFF. Meskipun harus mundur dari turnamen setelah kalah dari Vietnam di babak semifinal, timnas Indonesia telah memberikan perlawanan yang sengit. Bahkan timnas sempat berhasil menahan skor imbang dengan Thailand pada laga grup A.

Read More

Berikut ini adalah hasil lengkap dan perjalanan tim Indonesia di ajang AFF 2022.

Hasil final AFF 2022

Laga final AFF 2022 Thailand vs Vietnam dimainkan dalam dua leg. Leg pertama berakhir imbang dengan skor 2-2. Namun di leg kedua, Thailand berhasil mencetak 1 gol sehingga skor menjadi 1-0. Dari dua leg ini, Thailand unggul agregat 3-2 dari Vietnam.

Pertandingan final leg kedua yang berlangsung di Thammasat Stadium, Pathum Thani, ini berlangsung dengan sengit. Satu-satunya gol diciptakan oleh kapten tim Thailand Theerathon Bunmathan pada menit ke-24. Meskipun Vietnam berusaha bermain agresif untuk menyamakan skor, pertandingan tetap didominasi oleh Thailand di babak pertama.

Vietnam berusaha bermain lebih agresif di babak kedua untuk menyamakan skor. Nguyen Hoang Duc hampir saja mencetak gol pada menit ke 48, namun masih melenceng tipis di kanan gawang. Pertahanan tim Thailand yang apik membuat Vietnam gagal mencetak gol.

Thailand pun berusaha menambah skor di babak kedua, namun Vietnam berhasil menahan serangan. Hingga akhir babak kedua skor tetap 1-0 untuk Thailand. Thailand pun mengukuhkan diri sebagai juara AFF 2022 dengan skor agregat 3-2 dari dua leg.

Indonesia di grup A bersama Thailand

Tim Indonesia mengawali perjalanannya di AFF 2022 dengan bergabung di grup A bersama Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Filipina. Sementara di grup B ada Vietnam, Singapura, Malaysia, Laos, dan Myanmar.

Indonesia tampil gemilang di grup A dengan mengawali turnamen dengan kemenangan atas Kamboja 2-1. Dan penggemar bola tentu belum melupakan kemenangan timnas Indonesia atas Brunei Darussalam dengan skor spektakuler 7-0 di Kuala Lumpur Stadium.

Masih di grup A, timnas Indonesia juga bermain apik dengan bermain imbang melawan sang juara Thailand. Laga Indonesia vs Thailand yang bertempat di Gelora Bung Karno ini berakhir dengan skor 1-1. Indonesia juga memenangkan laga melawan Filipina dengan skor 2-1.

Pada hasil akhir klasemen, timnas Indonesia berada pada posisi kedua setelah Thailand dengan perolehan poin 10. Dengan begitu Indonesia berhasil maju ke babak semifinal.

Semifinal AFF 2022

Tim yang maju ke babak semifinal AFF adalah Indonesia dan Thailand dari grup A serta Malaysia dan Vietnam dari grup B. Indonesia bertanding melawan Vietnam, sementara Thailand melawan Malaysia. Masing-masing laga di semifinal berlangsung dalam dua leg.

Pada leg pertama, Indonesia bermain imbang melawan Vietnam dengan skor 0-0. Namun di leg kedua, Vietnam berhasil mencetak dua gol sehingga pertandingan berakhir dengan skor 0-2. Timnas Indonesia pun gagal maju ke babak final AFF 2022.

Top skor AFF 2022

Pemain yang mencetak gol terbanyak di AFF 2022 adalah Teerasil Dangda dari Thailand dan Nguyen Tien Linh dari Vietnam yang masing-masing mencetak 6 gol. Top skor selanjutnya adalah Faisal Halim dari Malaysia yang berhasil mencetak 4 gol. (*)

Related posts