Tiba-tiba Selandia Baru Peringatan soal RI, Perketat Perbatasan

MINANGKABAUNEWS.COM, INTERNATIONAL – Selandia Baru dan Australia memberi peringatan soal RI. Ini terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di tanah air.

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan PMK di Indonesia bisa mempengaruhi hingga 100.000 pekerja pertanian di negaranya. Karenanya Wellington meningkatkan pengetatan perbatasan dengan Australia mengacu ke tindakan biosekuriti untuk mencegah penularan.

Read More

“Meskipun bukan ancaman bagi manusia, itu akan menghancurkan komunitas nasional kita. Pada dasarnya, semua hewan yang berkuku terbelah berisiko,” kata Ardern kepada wartawan dikutip dari AFP, Senin (25/7/2022).

“Kami ingin memastikan bahwa kami memiliki semua aturan untuk melindungi diri dari ancaman yang muncul ini,” tambahnya seraya menyebut negaranya tak pernah mengalami wabah itu sebelumnya.

Hal senada juga dikatakan Menteri Keamanan Hayati Selandia Baru Damien O’Connor. Ia mengatakan kewaspadaan sangat penting karena penyakit itu bisa mempengaruhi hingga 77% populasi satwa liar Selandia Baru, termasuk rusa liar, babi, dan domba.

Ia mengacu pada bagaimana kaki dan mulut menghancurkan pertanian Inggris pada tahun 2001. Kala itu, jutaan sapi dan domba terpaksa disembelih.

Bagaimana bentuk pembatasan perbatasan yang dilakukan?
Dalam keterangan yang sama, sebenarnya diketahui Selandia Baru tak memiliki penerbangan langsung dengan Indonesia. Namun wabah bisa memasuki negeri itu melalui turis Australia yang telah mengunjungi Asia Tenggara.

Baca: Pemimpin Negara NATO Ini Sebut Barat Gagal, Rusia Makin Gagah
Pelancong dari Indonesia tidak akan diizinkan membawa produk daging ke Selandia Baru. Bagasi akan disaring dan akan ada tikar disinfektan di bandara untuk membersihkan alas kaki.

“Pemerintah bekerja sama dengan pihak berwenang Australia untuk mencoba mengurangi risiko lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, hal sama sudah berlaku di Australia. Barang bawaan dan bagasi dari Indonesia sudah diperiksa di bandara, termasuk alas kaki, sebagai tanggapan terhadap penyakit tersebut.

Canberra sejauh ini menolak seruan oposisi untuk menutup perbatasan dengan Indonesia sepenuhnya. Tetapi tindakan lebih lanjut bisa saja diambil.

PMK sendiri adalah penyakit virus ternak yang parah dan sangat menular. Di Indonesia berdasar data siagapmk.crisis-center, ada 22 provinsi kemasukan PMK, terdiri dari 427.060 kasus dan 3.784 mati.

Selama delapan bulan hingga Mei 2022, Selandia Baru sendiri tercatat mengekspor sekitar 17 juta domba. Negeri itu juga mengekspor dua juta sapi.

Related posts