Tiga Kelompok Tani Dapat Bantuan Taraktor Dari Pemerintahan Nagari Kinali

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT – Pemerintah Nagari Kinali Pasaman Barat berikan batuan tiga unit traktor untuk tiga kelompok tani di nagari tersebut. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Pj Wali Nagari Kinali Sudirman pada bulan Desember 2022 lalu.

Pj Wali Nagari Kinali Sudirman menyampaikan, penyerahan bantuan juga dihadiri oleh Sekretaris Nagari Syafril Anwar, anggota Bamus Zainal Rahab dan Bagus selaku kasi pemerintahan (PPKN) nagari serta berapa kepala jorong se Nagari Kinali.

“Tiga kelompok tani mendapat bantuan berupa mesin traktor pengolah lahan persawahan. Kelompok yang mendapat bantuan adalah kelompok tani kajai bersaudara di jorong langgam Saiyo, kelompok tani Karya Muda, dan kelompok tani Koto Panjang Sepakat,” kata Sudirman di ruang kerjanya, Rabu (04/01).

Disampaikan, bantuaan tersebut dari pemerintah Nagari Kinali yang bersumber dari alokasi dana Desa (ADD) Tahun anggaran 2022.

Sementara itu menurut Sekretaris Nagari Syafril Anwar, bantuan traktor yang diberikan kepada kelompok tani yang ada di kejoronggan ini, merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh petani.

“Fasilitas pertanian yang dibutuhkan petani patut kita perhatikan, agar petani dapat menunjang produktivitas pertanian masyarakat di Nagari kita ini,” katanya.

Karena itu, lanjut Syafril pemerintah Nagari Kinali memberikan bantuan traktor, kepada kelompok tani yang belum memiliki mesin traktor, untuk pengolahan lahan persawahan.

“Traktor merupakan alat penting bagi petani untuk meningkatkan hasil pertanian, traktor berguna untuk mengolah tanah yang akan ditanam oleh petani. Bantuan traktor ini kami berikan kepada kelompok tani yang benar-benar layak untuk diberikan bantuan,” ujarnya.

Terkait dengan kriteria penerima bantuan, Syafril Anwar menjelaskan bahwa yang patut dibantu ialah kelompok tani yang benar-benar teroganisir dan tertib secara prosedural sebagai kelompok tani, selain itu kelompok tani yang diberikan bantuan traktor adalah kelompok tani yang memiliki kendala pada saat pengelola lahan pertanian.

“Kita berharap kepada kelompok tani, agar bantuan yang telah diberikan nantinya berpengaruh kepada hasil tani, dengan adanya bantuan ini petani dapat meningkatkan hasil taninya,” harapnya. (By Roni)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts