Tiga Lembaga Adat di Kota Pariaman Dikukuhkan

  • Whatsapp
Dr.H.Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam dikukuhkan sebagai Ketua LKAAM Kota Pariaman.

MINANGKABAUNEWS.COM, PARIAMAN -Pemerintah Kota Pariaman kukuhan tiga Lembaga Adat yaitu Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Bundo Kanduang, dan DPD LPM. Pengukuhan tiga lembaga adat tersebut menggambarkan kemitraan bersama antara Pemerintah, Lembaga Adat, Bundo Kanduang dan Lembaga Kemasyarakatan, dalam mewujudkan visi misi Kota Pariaman kedepannya, serta membangun kehidupan sosial budaya yang kondusif di Kota Pariaman.

“LKAAM, Bundo Kanduang, dan DPD LPM Kota Pariaman, adalah lembaga adat dan lembaga kemasyarakatan yang merupakan satu pilar pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat di Kota Pariaman. Untuk itu kedepannya kita berharap antara Lembaga Adat dan Lembaga Kemasyarakatan di Desa dan Kelurahan, juga dapat saling bekerjasama dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat”, sebut Walikota Pariaman Genius Umar yang juga merupakan Ketua LKAAM Kota Pariaman.

Read More

Genius Umar menyampaikan, dengan dilantiknya dirinya menjadi Ketua LKAAM Kota Pariaman, merupakan tugas tambahan baginya, untuk melaksanakan pembangunan LKAAM Kota Pariaman kedepannya, dan melestarikan nilai-nilai luhur adat Minangkabau serta mengembangkan falsafat adat Minangkabau yaitu.

“Selamat saya ucapkan kepada lembaga adat Minangkabau Kota Pariaman yang telah dilantik hari ini, semoga amanah dalam mengemban tugas kedepannya. Saya pikir kita bisa melakukan¬† sinergi dengan pemerintah Kota Pariaman bahwa kita adalah daerah tujuan wisata, dan juga bisa menjadi bagian yang bisa dikembangkan agar adat istiadat yang ada di Kota Pariaman juga bisa dijadikan bagian dari destinasi wisata, sekaligus menggali potensi-potensi daerah dalam mewujudkan pembangunan dan pemberdayaan”, ujar Walikota Pariaman Genius Umar.

Destinasi wisata yang dimaksud oleh Ketua LKAAM Kota Pariaman itu adalah, seperti menjadikan petatah petitih minang, silat, dan adat lainnya untuk dijadikan event tahunan), dan juga bisa dipahami oleh para pengunjung wisata yang datang ke Kota Pariaman.

Pengukuhan Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam MinangKabau (LKAAM) Kota Pariaman, periode 2021-2026 digelar di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (30/6/2021). Pengukuhan tersebut dilaksanakan oleh Ketua LKAAM Provinsi Sumbar M.Sayuti Datuak Rajo Penghulu dengan melantik dan mengukuhkan Dr.H.Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam sebagai Ketua LKAAM Kota Pariaman. (Rls/aji)

Related posts