TikTok vs Instagram Reels, Lebih Minat yang Mana?

  • Whatsapp
tiktok instagram reels
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

Oleh: Zafirah

Saat ini terdapat berbagai macam media sosial yang dapat digunakan oleh masyarakat. Berbagai macam bentuk media sosial hadir di tengah-tengah masyarakat untuk dapat digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Namun, diantara banyaknya media sosial yang ada, Tiktok dan Instagram menjadi 2 media sosial yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat. 

Read More

Pada awal mula kemunculan Tiktok, aplikasi ini tidak begitu digemari di Indonesia dan sempat diblokir oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) karena aplikasi ini dianggap tidak mendidik. Namun, saat ini Tiktok hadir dengan tingkat polularitas yang sangat tinggi di masyarakat Indonesia. Dimana hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya creator-creator kreatif yang bermunculan dan juga banyaknya masyarakat dari segala jenis kalangan yang mengaksesnya. 

Selain Tiktok, Instagram juga memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi. Adanya berbagai macam fitur yang ada di Instagram seperti Instastory, IGTV, Direct Message dan yang lainnya hadir dengan membawa pengaruh yang besar terhadap penggunanya. Namun, pada pertengahan tahun 2021 di Indonesia, Instagram hadir dengan melaunching fitur terbarunya yaitu Instagram Reels yang dimana Reels ini disebut sebagai saingan atau rival dari aplikasi Tiktok. 

Bagaimana tidak? Instagram Reels hadir dengan fitur yang sangat mirip dengan Tiktok. Jika Tiktok di desain untuk para penggunanya agar dapat berkreasi dalam bentuk video, maka sama halnya dengan fungsi dari Instagram Reels ini. Pengguna dari Instagram Reels, dapat memulai dan berhenti merekam sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Kemudian pada Instagram reels, penggunanya juga dapat memilih lagu secara bebas dan menambahkan filter pada hasil dari videonya. Fitur-fitur itulah yang memiliki kemiripan yang hampir sama dengan Tiktok. 

Namun, dibalik kemiripan fitur-fitur yang ada pada kedua platform ini, terdapat adanya perbedaan yang perlu kita ketahui. 

Fitur Editing Tiktok dan Reels

Pada aplikasi Tiktok terdapat berbagai macam opsi pengeditan. Dimulai dari banyaknya effect yang dapat digunakan dan banyaknya pilihan effect baru yang bermunculan, sedangkan pada reels kita hanya dapat menggunakan filter yang ada di Instagram Story dan filter tersebut tidak sebanyak yang ada di Tiktok. 

Kemudian, jika kita menggunakan Tiktok untuk merekam atau mengedit video maka nantinya kita dapat menambahkan voiceover effects pada hasil video tersebut yang dimana fitur ini tidak bisa di dapatkan pada Instagram Reels. 

Audio Tiktok dan Reels

Pilihan audio yang ada di kedua platform ini memiliki sistem yang berbeda. Tiktok tidak memiliki limit dalam pengaplikasian musiknya yang dimana setiap orang bisa secara kreatif menciptakan musik baru yang nantinya dapat digunakan dan didengarkan oleh pengguna lain. Berbeda dengan Reels, yang dimana kebanyakan audio yang ada di Reels merupakan audio yang diperoleh dari Tiktok. Serta pada Instagram Reels terdapat adanya batasan hak cipta yang lebih ketat karena Instagram didasari oleh artis-artis yang membagikan hasil karya mereka.

Caption Tiktok dan Reels

Jumlah limit kata yang dapat dituliskan pada caption di kedua platform ini memiliki perbedaan. Jika pada Tiktok kita hanya dapat menuliskan caption hanya sampai 100 kata. Sedangkan pada Reels, kita dapat menuliskan caption dengan panjang hingga mecapai 2.200 kata. 

Tampilan Tab Tiktok dan Reels

Perbedaan yang selanjutnya yaitu dapat dilihat dari segi tampilan yang tersedia pada kedua platform ini. Pada Tiktok, terdapat 5 Tab yang terdiri dari Home, Discover/search, (+) atau tab untuk membuat content, Inbox, dan Profile. Sedangkan untuk Reels sendiri tab yang ditampilkan merupakan bagian dari tab yang ada di Instagram secara menyeluruh yaitu berupa Home, Search, Reels, Shop dan Profile.

/* Penulis adalah Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP, Universitas Andalas.

Related posts