Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta Merupakan Rumah Founding Father’s Indonesia

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, BUKITTINGGI – Tim kajian koleksi Museum di hari ini, masih melanjutkan input data koleksi dan pengayaan deskripsi serta menghimpun data-data untuk kajian buku-buku karya Bung Hatta. Hal ini disampaikan Ketua AMIDA Provinsi Sumatra Barat, Novianty Awaluddin S.H, M.M kepada Minangkabaunewscom melalui pesan WhatsApp, Minggu (24/10/2021).

Menurutnya, aktifitas lainnya yang dilakukan oleh AMIDA Sumbar seperti kegiatan seminar, sosialisasi, belajar dan bermain di museum. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Bukittinggi tetapi juga di museum daerah lainnya di Sumatera Barat.

Read More

“Hal yang istimewa yang dirasakan saat rehat dari aktivitas di museum adalah tim bisa menikmati objek wisata, kuliner sekaligus wisata belanjanya. Bukittinggi punya daya tarik sendiri dalam berwisata” ujar Ketua AMIDA Sumbar ini.

Novianty lebih lanjut mengatakan Museum rumah kelahiran Bung Hatta merupakan museum sejarah yang melestarikan rumah masa kecil tokoh proklamator beserta isinya dan perjalanan hidup beliau untuk perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia melalui karya-karya bukunya.

“Dalam bidang kajian, pihak pengelola Museum diharapkan dapat melengkapi buku karya-karya Sang Proklamator. Saat ini baru 7 judul buku karya Bung Hatta yang terdapat di museum ini. Berdasarkan hasil proses penelitian yang dilakukan oleh tim kajian, buku karangan Bung Hatta berjumlah kurang lebih seratus judul,” terang Novianty.

Tim mengharapkan museum rumah kelahiran ke depan menjadi referensi utama untuk menjelaskan kehidupan masa kecil Bung Hatta dan keluarganya.

“Rumah kelahiran ini adalah media pembentuk karakter seperti Bung Hatta hingga menjadi salah satu Founding Father’s Indonesia,” tutup Novianty mengakhiri.

Related posts