Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Tanah Datar Raih Penghargaan Terbaik se-Sumatera

  • Whatsapp
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Tanah Datar pada ajang TPID Award Tahun 2022 antar Kabupaten/Kota

TANAH DATAR – Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Tanah Datar dengan menjadi yang terbaik di Wilayah Sumatera sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Berprestasi 2021 pada ajang TPID Award Tahun 2022 Kabupaten/Kota .

Penghargaan tersebut langsung diserahkan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo bersama  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto langsung di terima Bupati Tanah Datar Eka Putra pada rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda) Pengendalian Inflasi dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan, Rabu (14/9/2022) di Sangri La Ballroom, Surabaya Provinsi Jawa Timur.

Read More

TPID merupakan tim yang bertugas memantau dan menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan inflasi khususnya di daerah dengan melibatkan berbagai sektor yang terkait. Tim Tanah Datar melalui Program inovasi bernama PEDULI BABE yaitu Peningkatan Produksi dan Hilirisasi Bawang Merah dan Cabe Merah, keluar menjadi pemenang dan meraih penghargaan.

Bupati Eka Putra menerima penghargaan dari Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo 

Atas prestasi yang diraih, Bupati Eka Putra yang didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdul Hakim, Kabag Perekonomian Masni Yuletri dan Kabag Prokopim Dedi Tri Widono menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama dan kerja keras TPID Tanah Datar bersama instansi terkait.

“Alhamdulillah, kerja keras dan kerjasama TPID Tanah Datar tidak hanya mampu mengendalikan inflasi, namun juga mampu menjadi TPID Kabupaten/Kota Berprestasi 2021,” ungkap Eka Putra, Dikatakan Bupati, prestasi ini bukan milik sekelompok saja, tapi ini adalah wujud kerja keras dan dukungan masyarakat Tanah Datar, mulai dari Pemerintah sampai para petani dalam mengendalikan harga agar jangan terjadi inflasi.

“Prestasi ini milik kita semua masyarakat Tanah Datar, namun yang sangat terpenting adalah kita tetap bekerjasama dalam mengendalikan inflasi di daerah, agar jangan mengganggu perekonomian dan sendi kehidupan masyarakat kita di Tanah Datar,” sampai Bupati.

Eka Putra bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat selepas menerima penghargaan

Bupati menyatakan bahwa terkait prestasi yang diraih, ia siap berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi ataupun Kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat dalam rangka mengendalikan inflasi di Sumbar.
Dijelaskannya Sumbar masih memiliki nilai inflasi yang cukup tinggi, yang dipicu beberapa Kabupaten/kota yang memiliki inflasi cukup tinggi juga.

“Kami Pemerintah Daerah bersama TPID Tanah Datar, siap bekerjasama dan bersinergi dengan Pemprov Sumbar serta Kabupaten dan Kota lainnya dalam mengendalikan inflasi ke depannya,” tegas Bupati.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy selepas acara menyampaikan ucapan selamat kepada Kabupaten Tanah Datar atas prestasi menjadi yang terbaik kategori TPID Kabupaten/Kota Berprestasi 2021 pada TPID Award Tahun 2022. Wagub berharap Tanah datar mampu memberikan dan menularkan ke Kabupaten dan Kota lain di Sumbar.

Dikatakan Wakil Gubernur salah satu penyebab tidak masuknya Provinsi dalam penghargaan tersebut karena ada beberapa Kabupaten/Kota di Sumbar yang memiliki inflasi yang cukup tinggi sehingga mempengaruhi nilai inflasi Provinsi Sumbar.

Tanah Datar menjadi terbaik kategori TPID Kabupaten/kota Berprestasi 2021 wilayah Sumatera disusul Kabupaten Blitar dari wilayah Jawa/Bali, Kabupaten Landak dari wilayah Kalimantan, Kabupaten Bone Bolango dari wilayah Sulawesi dan Kabupaten Lombok Barat dari wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.(romeo/Kominfo)

Related posts