Tim Wasev Apresiasi Kinerja dan Sistem ” Badoncek” Dalam TMMD ke- 114 di Batu Bulek

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR – Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Brigjen TNI Irham Waroihan meninjau langsung jalannya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kamis (11/8/2022).

Kunjungan tersebut didampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. CZI Sutrisno yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD di Tanah Datar.

Read More

Hadir pula Danrem 032 Wira Bhraja Brigjen TNI Purmanto, Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH serta Forkopimda Tanah Datar.

Rombongan meninjau proses pengerjaan sasaran fisik TMMD berupa jalan sepanjang 4.1 KM, pembangunan irigasi dan rumah-rumah masyarakat yang sudah tidak layak huni.

Ketua Wasev Brigjen TNI Irham sangat mengapresiasi kinerja tim TMMD ke-114 di Tanah Datar yang dikomandoi Dandim 0307 Tanah Datar itu.

“Saya sebagai Ketua Tim Wasev terhadap kegiatan ini sangat puas, karena banyak hal yang di luar dugaan saya. Sebagai contoh, Dandim selaku Dansatga TMMD itu sasaran fisik yang hanya dengan dana 1 Miliar itu dapat membangun dan membuka badan jalan sampai 4.1 KM dan ini saya anggap sebagai suatu hal yang luar biasa,” katanya.

Satu hal yang jadi catatan juga sangat diapresiasi Irham Waroihan adalah iuran berupa semen dan kebutuhan lain yang dikumpulkan pegawai di lingkungan Pemprov Sumbar atau disebut “badoncek”.

“Ini suatu contoh yang sangat baik, saya berkali-kali melakukan Wasev, ini baru terjadi di Sumbar, provinsi ikut berpartisipasi, kalo di Jawa namanya “kenclengan”, kalau disini “badoncek”. Dana dari pribadi masing-masing, iuran, untuk membantu pembangunan yang dikerjakan satgas TMMD,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Eka Putra. Bantuan dari pembangunan TNI AD melalui TMMD ke-114 disebutnya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Batu Bulek.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Darat selama lebih kurang satu bulan dengan pasukannya sudah membantu kami khususnya Nagari Batu Bulek membangun jalan irigasi dan rumah-rumah yang tidak layak huni,” ujarnya.

“Dengan anggaran yang sangat terbatas TNI bersama masyarakat bisa membangun jalan di Nagari Batu Bulek sepanjang 4.1 KM. Ini sangat bermanfaat sebagai transportasi atau jalan bagi petani kita yang mengangkut hasil pertaniannya ke pasar atau ke ibukota kabupaten,” tambah Eka Putra.

Sebelumnya, penyambutan kunjungan Tim Wasev dilakukan di Indojolito pada Kamis (11/8/2022) pagi.

Dalam agenda tersebut, Dansatgas TMMD ke-114 di Tanah Datar menyampaikan paparan terkait progres dan capaian target pembangunan di Nagari Batu Bulek.

“Sampai kondisi kemarin, pembuatan jalan baru sepanjang 4.100 Meter dengan lebar 6 Meter baru selesai sepanjang 3.078 meter atau masih 74%, sedangkan irigasi dari 200 meter direncanakan baru selesai sepanjang 104 meter atau 52%,” sampai Sutrisno, Kamis (11/8/2022) dalam paparannya di Indojolito Batusangkar.

Kemudian untuk kegiatan lain, seperti penyuluhan sudah selesai 100 persen dan 3 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) telah selesai lebih dari 70 persen. (Mi/KmfoTd)

Related posts