Timnas Indonesia U-19 Digempur Korea Selatan 5-1, Begini Alur Pertandingannya

Laga uji coba Timnas Indonesia di Korea Selatan. (Foto/dok istimewa)

MINANGKABAUNEWS, BOLA — Timnas garuda muda Indonesia U-19 kalah telak melawan Korea Selatan pada laga uji coba kedua di Stadion DGB Daegu Bank Park, Selasa, (29/3/2022), sore wib.

Korea Selatan berhasil unggul 5-1 atas Timnas Indonesia. Satu-satunya gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinan.

Read More

Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong kembali membuat kejutan di laga ujicoba kedua lawan Korea Selatan dengan menurunkan banyak bek dalam pola 5-3-2.

Timnas U-19 Korea Selatan kembali mengambil inisiatif terlebih dahulu atas Tim Garuda Muda.

Alhasil Tim Garuda Muda sangat kerepotan mengimbangi kecepatan  Korea Selatan dalam mengeksploitasi pertahanan lawan.

Hasilnya baru di menit kesembilan, kesalahan elementer Garuda Muda dalam menggalang lini pertahanan dihukum Jung Jong-hun jadi gol pertama lewat sepakan mendatar.

Dua menit kemudian, kali ini blunder penjaga gawang Erlangga Setyo dihukum oleh Kang Sung-jin lewat tendangan dari sudut sempit di sisi kanan. 2-0 untuk Korea Selatan.

Timnas U-19 Indonesia baru membuat peluang pertama pada menit ke-15 lewat aksi Ronaldo Kwateh, sayang sepakannya masih ditangkap penjaga gawang Korea Selatan.

Semenit kemudian, Jung Jong-hun jadi mimpi buruk pertahanan Tim Garuda Muda, usai aksi cutting insidenya disisi kiri berhasil diakhiri dengan shoot terarah yang jadi gol ketiga.

Pada menit ke-24, Peluang terbaik Tim Garuda Muda muncul dari sepakan Arsa Ahmad yang berhasil mengecoh pergerakan tiga bek lawan, sayang sepakannya justru melambung dari gawang lawan.

Cahya Supriadi melakukan penyelamatan gemilang setelah menepis keluar sepakan terarah Ahn Jae-min pada menit ke-40.

Akhirnya Indonesia berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-43 usai sundulan Marselino Ferdinan mengarah sempurna di pojok kiri gawang dan tidak mampu ditepis Lee Seung-hwan. 3-1 untuk Korea Selatan.

Tak ada peluang di sisa waktu, babak pertama pun selesai. Skor tetap 3-1 untuk Korea Selatan.

Babak kedua dimulai, Tim Garuda Muda menaikkan intensitas serangan dengan memasukkan Rafli Asrul.

Sementara Timnas U-19 Korea Selatan tetap mempertahankan intensitas serangan seperti di babak pertama.

Timnas Indonesia mulai lebih percaya diri untuk menggalang pertahanan tidak seperti pada 15 menit awal babak pertama.

Hampir tidak ada peluang berbahaya yang dibuat Korea Selatan di awal babak kedua, kecuali dari sepakan melambung Jung Jong-hun di menit ke-52.

Namun Timnas Indonesia masih kesulitan untuk membangun serangan, meski sudah memasukkan penyerang baru.

Timnas U19 Korea Selatan diselamatkan oleh kesalahan Marcell Januar Putra, setelah menekel Jung Jong-hun di menit ke-78.

Choi Seong-min yang mengambil penalti berhasil mengecoh Cahya Supriadi lewat sepakan panenka. Skor 4-1 untuk Korea Selatan.

Marselino Ferdinan sempat mendapatkan peluang emas di menit 89, sayang sepakannya masih ditepis penjaga gawang Korea Selatan.

Marcel Januar kembali melakukan tekel fatal di dalam kotak penalti yang berujung penalti untuk lawan.

Lee Seung-won yang mengeksekusi penalti menempatkannya ke pojok gawang yang tak mampu ditepis Erlangga Setyo. Skor 5-1 untuk Korea Selatan.

Tidak ada peluang di sisa waktu, skor 5-1 untuk Korea Selatan.

Related posts