Tingkatkan Hafalan Santri, PPTQ Mualimin Muhammadiyah Pakan Sinayan Gelar Padarde Tasmi’

Parade Tasmi' yang di gelar PPTQ Mualimin Muhammadiyah. (Foto/dok istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Pondok Pesantren Tahfiz Quran (PPTQ) Mualimin Muhammadiyah, Pakan Sinayan, Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, gelar parade Tasmi’ guna memotivasi santri agar meningkatkan hafalan.

Kepala MTs PPTQ Muallimin Muhammadiyah, Y Dt Maka mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 500 peserta dari tingkat MTs Dan Aliyah yang menempuh pendidikan di Ponpes Setempat.

“Pada kegiatan ini peserta memperdengarkan hafalannya dan dinilai oleh para guru pembimbing. Kemudian para guru memberikan tanggapan kesalahan dalam bacaan santri baik dari tajwid, dan jumlah hafalan,” ujarnya, Senin, (17/1/2022).

Dijelaskannya, dalam parade ini guru melakukan seleksi ketat untuk para murid.
Itu terbukti dengan 500 santri yang ikut hanya 24 orang yang dinyatakan lolos.

Bagi santri terbaik, nantinya pihak Ponpes akan memberikan Reward berupa piagam penghargaan dan tabanas.

“Ini Parade Tasmi’ tahap pertama, jadi bagi santri yang tidak lolos bisa lebih meningkatkan kualitas hafalan pada parage gelombang ke-2 yang akan dilaksanakan pekan depan,” lanjutnya lagi.

Sesuai dengan tujuan Pondok yakni melahirkan para hufazh Al-Quran lanjutnya, berbagai rangkaian acara gema Al-Quran diadakan pihak sekolah seperti Tasmi’ Al-quran, hiking tahfizh, tahfizh camp, Musabaqah, murottal, tilawah dan dll.

“Agenda kegiatan penunjang tahfish ini digilirkan dalam setiap bulan, bulan pertama Parade Tahfizh Al-Quran, bulan kedua Hiking Tahfizh, bulan ketiga Musabaqoh Tahfizh, bulan ke empat Tahfizh camp, begitu seterusnya,” tutupnya.

Related posts