Tingkatkan Kapasitas Kewirausahaan, 56 Pelaku UMKM di Pasaman Barat Ikuti Pelatihan

  • Whatsapp
Pelatihan peningkatan kewirausahaan baginpelaku UMKM di Hotel Rocky Bukittinggi.

MINANGKABAUNEWS.COM, PASAMAN BARAT – Sebagai langkah untuk meningkatkan produktifitas pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman Barat, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Pasbar mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi 56 pelaku UMKM yang ada di Pasbar di Kota Bukittinngi, Senin dan Selasa (4-5 / 10).

“Hari ini sebanyak 56 pelaku UMKM Pasba kita lepas untuk mengikuti pelatihan di Bukittinggi. Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” kata Staf Ahli Bupati bidang Agama dan Kesejahteraan Sosial, Dr. Adrianto, S.Ag M.Pd saat melepes peserta pelatihan.

Read More

Pelatihan ini dilakukan, kata Dia, guna memfasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan pengetahuan seputar kewirausahaan, agar pelaku UMKM semakin mandiri.

“UMKM merupakan benteng yang tangguh dan harus diberikan perhatian khusus. Untuk itu, pemerintah memberikan perhatian dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi pelaku UMKM yang ada,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pasaman Barat, Pahrein menjelaskan bahwa pelatihan diikuti oleh pelaku UMKM di seluruh kecamatan yang ada di Pasbar, mulai dari UMKM bidang kuliner, kerajinan, rajutan dan lain sebagainya.

“Pelatihan ini akan berlangsung selama 2 hari dan didanai oleh APBD Provinsi Sumbar,” ungkap Pahrein.

Peserta yang mengikuti pelatihan hari ini, lanjutnya, sebelumnya sudah diberikan pelatihan oleh Pemerintah Daerah Pasbar.

“Jadi pelatihan kali ini merupakan pelatihan tambahan dan khusus untuk memanagemenkan UMKM, agar dapat memandirikan UMKM Pasbar yang ada di Pasbar,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat memberi pengaruh Positif bagi UMKM di Pasaman Barat.

“Semoga dengan adanya pelatihan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar kepada pelaku UMKM Pasbar ini, bisa menjadikan pelaku UMKM lebih Mandiri dan memperoleh ilmu yang dapat membangun UMKM Pasbar lebih maju,” harap Pahrein. (EL)

Related posts