Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak, Puskesmas Busur Gelar Rapat P4K

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Guna meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Kota Padang Panjang terkhusus di wilayah kerjanya, Puskesmas Bukit Surungan (Busur) menggelar Rapat Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K), di Aula Kantor Camat Padang Panjang Barat (PPB), Selasa (13/6/2023).

Rapat yang diikuti kader posyandu di kelurahan wilayah kerja Puskesmas Busur ini, juga dihadiri lurah Busur, Silaing Atas, Silaing Bawah, Pasar Usang dan lainnya.

Read More

P4K adalah kegiatan yang difasilitasi bidan guna meningkatkan peran aktif dari suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman. Dan, persiapan dalam menghadapi komplikasi pada saat hamil, bersalin dan nifas dengan menggunakan stiker P4K sebagai media pencatatan sasaran. Ini untuk meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru.

Pada pembukaannya, Sekretaris Camat PPB, Nofawati, S.E menyampaikan, kader posyandu bisa bekerja sama dengan bidan kelurahan untuk mencegah penyakit-penyaki ibu maupun anak.

“Kami lihat dengan adanya bidan kelurahan yang bersinergi dengan kader, masyarakat kita sangat terbantu. Kami berharap terus adanya kerja sama dan kolaborasi dari lurah. Kami mohon untuk memfasilitasi kader kami yang ada di kelurahan-kelurahan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Busur, Yusri Yanti, S.Tr.Keb menyebutkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan untuk memaparkan dan menjelaskan apa itu P4K. Karena ini sangat berhubungan dengan kegiatan pencegahan stunting, yang berawal dari 1000 hari pertama kehidupan.

“Kita ingin bersama-sama memberikan yang terbaik untuk ibu hamil agar bisa menekan angka stunting di Kota Padang Panjang,” tuturnya.

Para kader yang mengikuti rapat tersebut menerima paparan materi di antaranya mengenai Triple Eliminasi Kehamilan oleh dr. Orintya Putri Adyusika, dan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi oleh Linda Frianti, S.ST. (Edi Fatra/tia).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts