Tingkatkan Minat Masyarakat Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Pasaman Lakukan Gebrakan Baru

Pasaman, Minangkabaunews.com – Meningkatkan minat masyarakat datang ke Perpustakaan Daerah, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman terus melakukan gebrakan baru diantaranya dengan membuat Galery Arsip dan Pustaka Layanan Anak.

Hal ini dikatakan Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Toharuddin Kabupaten melalui Ahli Pertama Arsiparis Ade Yulia Fitri, S.IP, Senin (28/11/2022).

Ade menyebutkan Galery Arsip ini dibuat bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat Pasaman, bahwa ada cerita yang menarik dan sejarah yang perlu kita perjuangkan di Pasaman ini, supaya kita tidak kehilangan sejarah, dan selalu mengingat tokoh – tokoh yang membangun dan memajukan Pasaman ini seperti Bupati dan Wakil Bupati yang pertama sampai sekarang.

” Di Galery Arsip kita bisa bercerita tentang budaya dari Pasaman itu sendiri, jadi kita sebagai masyarakat Pasaman jangan sampai kita lupa akan sejarah dari Pasaman itu sendiri” ujar Ade.

Dikatakan Ade, di Galery Arsip ini masyarakat akan mengetahui tentang wisata, cerita rakyat, pahlawan dan tokoh – tokoh sejarah yang ada di Pasaman.

Selanjutnya dikatakan, Galery Arsip ini dibuat mulai dari awal Agustus sampai pertengahan November ini, tapi ini belum selesai seluruhnya, insya Allah target kita diakhir tahun ini sudah bisa diresmikan.

” Kebetulan kami ada kerjasama dengan Arbi Tanjung ketua Literasi di Kabupaten Pasaman, beliau lagi merangkum cerita rakyat Pasaman seperti cerita Kuburan Duo”, sebutnya.

Selain itu, untuk supaya lebih ramah lingkungan kita juga menyediakan ruangan Pustaka layanan anak, misalnya bagi anak usia dini, seperti TK dan SD mereka bisa datang kesini untuk belajar, membaca dan melihat Galery Arsip.

Ade berharap dengan adanya Galery Arsip ini masyarakat tidak lupa dengan budaya Pasaman, tidak melupakan jasa para tokoh yang membangun dan memajukan Pasaman. (Verdi)

Related posts