Tingkatkan Mutu Pendidikan, 120 Guru Kecamatan Lubeg Padang Ikuti Sosialisasi ANBK

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – 120 orang guru di Kecamatan Lubeg Padang mengikuti Sosialisasi ANBK, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua MK2S Murni S,Spd berlangsung di SDN 30 Cengkeh, Selasa (23/08/2022).

“Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran”, ujar Dedi Hermanto Nara sumber ANBK dari dinas Pendidikan Kota Padang kepada peserta.

Read More

Dedi menyebutkan, dalam asessment nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan saat ini.

Asessment ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid, jelasnya.

Ia menyebutkan, informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu kewaktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan. Asesmen nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran, terangnya lebih lanjut.

“Kita yang harus cari tahu bagaimana meningkatkan mutu sekolah. Itulah pentingnya literasi untuk terus bergerak memajukan lembaga kita”, ajak Dedi.

Asesmen ini bukan hanya menilai murid tetapi juga menilai guru, tenaga kependidikan, kepala sekolah berbenah diri, tuturnya.

Dedi berharap, Kepala sekolah guru lainnya yang hadir sebagai peserta dapat membuat kegiatan asessment nasional tahun 2022 ini, menjadi lebih bagus, tutupnya. (Amy/Tirman)

Related posts