Tingkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata, Indra Dt Rajo Lelo: Kegiatan Bimtek Sadar Wisata akan Dipertahankan dan Terus Dievaluasi

Bimtek Sadar Wisata sub kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata di Hotel Grand Zuri Padang, Jumat, (10/12)

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Dinas pariwisata Provinsi Sumbar menggelar Bimbingan Tekhnis Sadar Wisata sub kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata di Hotel Grand Zuri Padang, Jumat, (10/12/2021).

Kasi Pengembangan sumber daya pariwisata, Anastasya mengatakan Bimtek diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata di tengah pandemi Covid-19. Materi meliputi sadar wisata, sapta pesona, pelayanan prima, dan potensi produk wisata agar dapat diterapkan dalam pengembangan gerakan sadar wisata.

Read More

“Ini kegiatan ke-10, dana bimtek berasal dari Pokir Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Dt. Rajo Lelo,” tuturnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar diwakili Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mulyadi Yanis mengatakan bimtek ini membahas perilaku sadar wisata, menjaga kebersihan lingkungan dan lokasi wisata untuk meminimalisir dampak penyebaran corona. Berikutnya, bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk bisa menggaet wisatawan datang sebanyak mungkin, agar perekonomian yang sempat terpuruk selama pandemi, bisa kembali bangkit.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (Jumat-Sabtu, 10-11/12) ini, digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi semua peserta, narasumber maupun panitianya. Semua yang hadir diwajibkan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sesering mungkin di air yang mengalir) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Meskipun pandemi Covid-19 sudah mulai melandai, tapi protokol kesehatan harus tetap diterapkan. Jangan lupa untuk mengikuti vaksinasi untuk mempercepat terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok),” ujar Mulyadi Yanis.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Indra Dt. Rajo Lelo mengatakan program ‘bimtek sadar wisata’ memiliki efek berganda (multiplier effect) bagi masyarakat di sekitar obyek wisata.

Menurutnya, pengelolaan pariwisata dan sapta pesona bagi DPRD adalah penting. Sebab, ekonomi akan menggeliat jika pengelolaan pariwisatanya dilakukan secara benar.

“Pariwisata dimulai dengan ide, inovasi dan kreativitas, sehingga pertumbuhan pariwisata akan terwujud seperti yang kita idam-idamkan,” tuturnya

Adapun narasumber terdiri dari Praktisi DPD ASPPI Sumbar Febby Dt. Bangso, ketua Pokdarwis kampuang minang Sumpu di Tanah Datar dan Wakil Ketua DPRD Sumbar, Indra Dt. Rajo Lelo.

Related posts