Tingkatkan SDM KPPI, Dinas Dalduk KB P2PA Agam Beri Pembekalan

Pembekalan peningkatan SDM Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), Senin (21/6/2021) di Lubuk Basung.

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Guna meningkatkan peran serta perempuan di bidang politik, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB P2PA) Kabupaten Agam, gelar pembekalan SDM Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), Senin (21/6/2021) di Lubuk Basung.

Kepala Dinas Dalduk KB P2PA Kabupaten Agam, Erniwati mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk tercapainya peran serta perempuan di bidang politik guna meningkatkan kualitas hidup dan kesetaraan gender di Agam.

Read More

“Partisipasi perempuan dalam dunia politik harus terus digenjot,” jelasnya.

Ia menyebut pihaknya terus berupaya meningkatkan kapasitas kelembagaan, jejaring, serta partisipasi masyarakat dalam mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dengan berbagai programnya.

“Harapan kita, KPPI dapat memperjuangkan aspirasi perempuan, menegakkan hak-hak perempuan dalam lembaga pengambilan keputusan,” jelasnya.

Dewan Kehormatan KPPI Kabupaten Agam Ny. Yenni Andri Warman mengatakan, stigma terhadap kaum perempuan yang kurang mampu terlibat dalam pengambilan keputusan-keputusan strategis pembangunan, tidaklah benar. Pasalnya, kiprahnya dalam awal perjalanan negara ini tidak perlu diragukan lagi.

Menurut Ny. Yenni, perempuan dapat terlibat dalam berbagai pengambilan keputusan strategis, dengan pertimbangan-pertimbangan matang dan terukur. Dalam dunia politik, sosok perempuan juga memiliki peran strategis karena mayoritas jumlah pemilih dari kaum hawa.

“Sehingga semakin banyak wakil rakyat dari perempuan itu sangatlah strategis karena akan merepresentasikan perempuan itu sendiri. Alhamdulillah, saat ini kita sudah didukung empat anggota DPRD perempuan,” ujar Ny. Yenni.

Menurut istri Bupati Agam itu, pentingnya KPPI sebagai wadah bagi perempuan diharapkan dapat mengoptimalkan perannya menyuarakan aspirasi kaum perempuan.

Ia berharap, KPPA di Agam meningkatkan peranannya menjadi organisasi perempuan yang memiliki kapasitas dan kompetensi secara kualitas dan kuantitas. (JNS)

Related posts