Tingkatkan Yankes Anak Untuk menurunkan AKI dan AKB, Ini Kata Plt. Kadinkes Kota Solok

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOk – Pemerintah mempunyai tanggungjawab untuk menjamin setiap warga negara, termasuk anak, untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Terutama dalam menekan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi)

Demikian kata Ardinal, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Jumat (22/10/2021) saat ditemui MinangkabauNews.com di Balaikota Solok.

Read More

Menurut Ardinal, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Untuk memenuhi semua hak anak tersebut, perlu dilakukan upaya kesehatan anak secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan, agar keberlangsungan hidup, berkembang, serta hak lain terpenuhi,” tuturnya.

Salah satu tujuan upaya kesehatan anak, kata Ardinal, adalah menjamin kelangsungan hidup anak melalui upaya menurunkan (AKB) Angka Kematian Bayi.

“Agar angka kematian bayi bisa ditekan, perlu dilakukan pelayanan kesehatan semenjak dini. Mulai dari janin dalam kandungan, kesehatan bayi baru lahir, kesehatan bayi, anak balita dan kesehatan ibu hamil,” ujarnya

Related posts