Tinjau Sumber Air, Wawako Solok Sebut Batang Imang Payo Berpotensi Jadi Sumber Irigasi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Sumber mata air Batang Imang yang berada di alam Bukit Rimbo Payo ini berpotensi mengaliri irigasi persawahan yang ada di Tanah Garam. Saat ini sebagian besar sawah di Tanah Garam, terutama diwilayah sekitar Payo masih mengandalkan tadah hujan.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Kamis (14/10/2021) saat meninjau langsung sumber mata air Batang Imang di Payo bersama tokoh masyarakat setempat.

Read More

“Batang Imang Payo mata airnya jernih. Selain sebagai sumber air untuk irigasi persawahan disekitar Tanah Garam, Batang Imang di Payo juga bisa jadi sumber air bersih,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wawako mengatakan, persawahan yang mengandalkan tadah hujan sangat mempengaruhi hasil pertanian. Tergantung dengan kondisi cuaca, jika tidak hujan, petani tidak bisa turun kesawah.

“Kedepan, Pemko Solok akan memaksimalkan potensi sumber air Batang Imang di Payo sebagai sumber irigasi. Kemudian kita akan manfaatkan untuk persediaan air baku dan pengelolaanya diserahkan pada PDAM Kota Solok,” katanya.

Related posts