Tornado yang Terjang AS Seperti Bom Atom yang Hancurkan Kota

  • Whatsapp
Tornado di Amerika.

MINANGKABAUNEWS.COM, INTERNATIONAL — Wali Kota Mayfield, Kentucky, Kathy O’Nan mengungkap daerah bagian Amerika Serikat (AS) layaknya korek api pasca diterkam tornado pada Sabtu (11/12/2021).

“Ketika saya keluar dari balai kota pagi ini, semua terlihat seperti korek api,” kata O’Nan, Minggu (12/12/2021).

O’Nan mengatakan, sejumlah tempat ibadah dan gedung-gedung pengadilan yang berada di pusat kota hancur. Sistem air dan listrik bahkan tak berfungsi saat ini.

Saat ini hanya ada beberapa tempat yang listriknya masih mengalir. Sejumlah warga yang terpaksa meninggalkan rumahnya pun kini mengungsi di tempat ibadah.

“Saya sangat sedih dan pilu melihat kondisi sekarang,” kata O’Nan.

Kentucky memang menjadi satu dari negara bagian AS yang terkena dampak tornado paling parah. Jalan di wilayah tersebut hancur dan retak, sementara rumah dan bangunan lainnya ambruk.

Justin Shepherd, pemilik kedai kopi di sekitar 130 mil sebelah timur Mayfield, Bowling Green, Kentucky merasa bersyukur lantaran kedai kopinya terhindar dari badai terburuk.

Kedai Kopi miliki Justin Shepherd menjadi salah satu waralaba yang selamat, setelah tornado menghantam sejumlah bisnis di wilayah US Highway 31 West.

“Kami mengalami kerusakan pada dinding dan atap di sini, tetapi tepat di seberang jalan ada tempat pembuatan bir yang separuhnya hilang. Benar-benar hilang, seperti bos besar yang meledak atau semacamnya,” jelasnya.

Adapun satu orang tewas dan lima lainnya terluka saat tornado menghantam sebuah panti jompo dengan 90 tempat tidur di Monette, Arkansas.

“Kami sangat diberkati bahwa lebih banyak orang yang tidak terbunuh atau terluka dalam hal itu. Ini bisa menjadi jauh lebih buruk,” kata Marvin Day, Hakim Craighead.

Sementara itu, beberapa mil di Leachville, Arkansas, tornado menghancurkan sebagian besar pusat kota, kata Lt Chuck Brown dari Kantor Sheriff Mississippi, Arkansas.

“Kedengarannya benar-benar seperti kereta api yang menderu melintasi kota,” jelasnya.

Related posts