TSR 26 Pemkab Padang Pariaman di Baitul Makmur Sunua

  • Whatsapp

Minangkabaunews.com, Padang Pariaman–Ketua TSR 26 Elfi Delita menyerahkan bantuan uang Rp 7, 5 juta untuk Masjid Raya Baitul Makmur Sunua Malam ketiga atau malam terakhir Tim Safari Ramadan (TSR) Pemkab Padang Pariaman, Jumat 22 Maret 2024, kelompok 26 berkegiatan di Masjid Raya Baitul Makmur, Korong Kabun, Nagari Sunua, Kecamatan Nan Sabaris.

Ketua TSR 26 Elfi Delita lengkap membawa jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dalam kunjungan itu.

Kepala Dinas PPKB Padang Pariaman ini menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kabun yang begitu semangat menghidupkan Ramadan di masjid tersebut.

“Tentunya, semarak nuansa keagamaan di korong ini, adalah bagian dari visi misi kepala daerah yang berhubungan dengan relegius,” ujar dia.

Elfi Delita menyebutkan, bahwa pengaturan jadwal kelahiran dan jadwal nikah, adalah tugas penting dari DPPKB yang dipimpinnya.

KB, katanya, bukan melarang masyarakat untuk beranak. Namun, perlu pengaturan dan jadwal, sehingga mewujudkan keluarga berkualitas.

“Membentengi dan menjadwalkan kelahiran anak ini juga bagian dari upaya melawan stunting,” katanya.

Katanya, DPPKB memfasilitasi hadirnya kampung KB. Yakni kampung keluarga berkualitas. Nah, kampung ini bisa dipersamai oleh berbagai OPD yang ada di daerah.

“Bisa dibangun jalan yang bagus, irigasi yang sehat, sesuai keinginan masyarakat yang disampaikan oleh walinagari,” ujarnya.

Dari Kampung KB ini lahir dan hadir kader yang berkualitas. Bisa terjamin kesejahteraan dan kemandirian masyarakat itu sendiri.

Walinagari Sunua H. Defrizal menyebutkan, pesta demokrasi 14 Februari 2024 lalu, Alhamdulillah telah mengantarkan putra Sunua ke DPRD Padang Pariaman.

Yakni Suhardiman dari Partai NasDem. “Masyarakat diminta untuk menjaga rumah dari keselamatan,” katanya.

“Pastikan rumah terkunci, kompor dalam keadaan mati saat meninggalkan rumah,” tegasnya.

Menurut Defrizal, jalan menuju Sunua dari berbagai akses selalu separo yang diaspal. Dan mohon yang separonya lagi diaspal, sehingga akses ke Sunua semakin lancar.

“Bisa kita masuk ke Sunua arah dari Sungai Laban, dari Padang Bintungan, dari Pautan Kabau. Masih separo yang diaspal,” ungkapnya.

Di Sunua, kata Wali Defrizal, ada sebuah rumah yang roboh dan hanyut akibat banjir kemarin. Dan mohon perbaikan Sungai Batang Mangoi, sebagai upaya membendung datangnya bencana dari sungai besar itu.

“Meskipun kita sudah tiga nagari, tapi dari segi adat masih duduak di lapiak nan salai, tagak di tanah nan sabingkah. Secara bernagari itu, kita akan mengadakan halal bi halal sebelum halal bi halal di korong yang ada nantinya,” ujar dia.

Walinagari Defrizal juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan TSR 26 Pemkab Padang Pariaman ini.

Dia ingin, seluruh keluhan masyarakat tadi disampaikan di tingkat kabupaten, sehingga Sunua bisa sejajar dengan nagari lainnya di Padang Pariaman.

Pada kesempatan itu, Ketua TSR Elfi Delita bersama rombongan menyerahkan bantuan uang Rp 7, 5 juta dan empat buah kitab suci Al-Qur’an, serta sumbangan dari DPPKB sendiri untuk Masjid Raya Baitul Makmur.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts