Ubah Budaya Kerja, Wawako Solok Luncurkan Aplikasi SILEK

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Pelayanan publik terbaik dalam sistem pemerintahan merupakan sebuah keharusan, agar setiap informasi bisa diterima masyarakat dengan cepat, tepat, dan akurat.

Riskan rasanya, jika ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi informasi, dengan tawaran kemudahan dalam jaringan, tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah.

Read More

Sementara, sumber daya manusia yang ada untuk menciptakan aplikasi sistem layanan berbasis elektronik, dengan suguhan bermacam kemudahan, tanpa perlu ribet, sangat mendukung.

Menjawab semua ini, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Kamis (17/11/2022), di D’ relazion, meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama SILEK (Sistem Layanan Elektronik).

“Aplikasi ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Daerah Kota Solok dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi ini juga memberikan pelayanan secara cepat dan pada masyarakat” kata Wawako.

Saat ini, lanjut Dhani, tantangan yang dihadapi sebagai pelayan publik tidak hanya rumitnya prosedur, waktu, korupsi dan akuntabilitas, tapi kita juga menghadapi tantangan globalisasi, naiknya populasi, persaingan, dan pertumbuhan ekonomi.

“Kemajuan IT dan digitalisasi, suka tidak suka memaksa kita untuk mengubah pola dan budaya kerja kita. Digitalisasi ini harus mampu diterapkan dan diaplikasikan secara penuh dalam menjalankan pemerintahan yang modern, profesional, cepat, dan responsif ” ujarnya.

Sementara, Kepala DPMTSP Kota Solok Hendauktri mengungkapkan aplikasi SILEK merupakan kerjasama DPMTSP dengan Kominfo Kota Solok, dimana di dalamnya terdapat 37 layanan, 36 merupakan layanan kesehatan.

“Dengan SILEK kita mudahkan masyarakat dalam pengurusan perizinan secara online, komunikasi, bisa di akses menggunakan smartphone, dan memberikan informasi dengan cepat dan mudah” ungkap Hendauktri.

 

Related posts