UM Sumatera Barat Tuan Rumah Silaturahim Syawal Keluarga Besar Muhammadiyah

Keluarga besar Muhammadiyah Sumbar
Keluarga besar Muhammadiyah Sumbar (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Merayakan Hari Kemenangan, UM Sumatera Barat menggelar silaturahim syawal virtual sekaligus resepsi Milad Aisyiyah 104 M dan Milad Pemuda Muhammadiyah ke-89 bersama keluarga besar Muhammadiyah Sumbar di Aula Convention Hall UM Sumbar, Sabtu, (29/5/2021).

Dalam sambutannya, Rektor UM Sumatera Barat, Dr. Riki Saputra mengatakan bahwa silaturrahim syawal ini merupakan acara yang sudah diagendakan secara rutin tiap tahunnya yàng bertujuan untuk merawat dan mempererat jalinan silaturrahim warga Muhammadiyah Sumbar.

Read More

Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya

“Inilah momentum merawat ketahanan keluarga besar Muhammadiyah Sumbar. Terima kasih UM Sumbar terus dipercaya menjadi host setiap kegiatan Muhammadiyah apalagi dalam momen istimewa ini,” katanya.

Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumbar, Solsafad mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan silaturahim dan kebersamaan warga Sumbar. Ditambahkan bahwa acara silaturahmi ini juga merupakan kegiatan yang sudah rutin dilakukan setiap selesai bulan suci Ramadan.

“Alhamdulillah, aksi peduli Palestina oleh Lazismu Sumbar telah menghimpun donasi 180 juta rupiah, yang merupakan wujud kebersamaan keluarga besar Muhammadiyah,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada Aisyiyah yang terus berkiprah 104 tahun. Selamat milad ke-89 kepada Pemuda Muhammadiyah semoga tetap berfastabiqul khairat.

Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto mengatakan Silaturahim Syawal ada beberapa hal yang terkandung dalam hari raya Idul Fitri yakni idul fitri, dan silaturahim itu sendiri.
Idul fitri artinya kembali kepada kesucian, di mana kecendrungan mengikuti agama yang sebenarnya. Silaturahim dimaknai bagaimana kader Muhammadiyah bisa terus merawat ukhuwah dengan semangat amal ma’ruf nahi mungkar.

“Semoga Allah SWT senantiasa merahmati kita dengan terus menjaga hubungan ukhuwah kita. Silaturahim seperti ini sejatinya untuk mengkoneksikan jiwa dan pikiran kita dengan sistem organisasi,” ujarnya

Agung berpesan agar di bulan Syawal ini umat muslim dan warga bangsa semakin menumbuhkan rasa empati dan kebersamaan.

“Bangsa kita di era pandemi ini memerlukan semangat empati, peduli, dan bekerjasama. Lebih-lebih banyak keluarga kita yang ditinggal oleh orang-orang tercinta, para dokter, tenaga kesehatan dan sukarelawan yang telah begitu rupa mereka bekerja keras,” sambungnya.

Hadir secara offline Wakil Ketua PWM Sumbar Solsafad, Sekretaris Nurman Agus, Bendahara Abdurahman Chan, Ketua PWPM Sumbar Deri Rizal, Sekretaris PWPM Sumnsr Ahmad Lahmi dan pimpinan ortom lainnya. Hadir secara daring Ketua PP Aisyiyah Siti Noorjanah, Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto dan Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr Shofwan Karim Elhussein serta Ulama Muhammadiyah Buya Gusrizal Gazahar .

Related posts