UMKM Naik Kelas, Erick Thohir Apresiasi UMKM Rumah BUMN Sumbar yang Tembus Jaringan Global

  • Whatsapp
kunjungan Staf Khusus Erick Thohir ke Rumah BUMN Lubuk Sikaping (7/10/2021).

MINANGKABAUNEWS.COM, PASAMAN — Pandemi Covid-19 mendorong digitalisasi bisnis menjadi jalan bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Tak hanya membuahkan hasil positif dalam hal peningkatan penjualan, digitalisasi bisnis juga berhasil membuat UMKM asli Indonesia bisa bersaing di pasar internasional.

Manfaat digitalisasi bisnis ini juga dirasakan oleh salah satu UMKM binaan Rumah BUMN yang dikelola oleh PLN, Ibu Nurlan dengan bisnis olahan makanannya. Berawal dari mengajak Ibu-Ibu di sekitar tempat tinggalnya untuk membuka usaha, kini Ibu Nurlan sudah memiliki kurang lebih 20 anggota yang menjalankan usaha bersama.

Read More

Ibu Nurlan memulai usahanya dengan membuat kolam ikan lele di lahan yang tidak terpakai di sebelah rumahnya, kemudian berkembang menjadi pengolahan buah pisang yang tumbuh di sekitar rumahnya. Ibu Nurlan tidak berhenti disitu, Ia rutin mengikuti perlombaan UMKM yang diadakan oleh Pemerintah Daerah setempat. Sampai usaha Ibu Nurlan terpilih untuk memasarkan produknya hingga ke Malaysia dan beberapa wilayah di Afrika.

“Pengembangan usaha yang saya lakukan ini berkat dukungan dari BUMN ke usaha saya. Saya dapat pinjaman modal usaha dari PLN sehingga saya bisa membuat packaging produk saya lebih berkualitas,” kata Nurlan

Dalam kunjungannya ke Rumah BUMN Lubuk Sikaping (7/10/2021), Staf Khusus Erick Thohir memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM yang bisa membawa produknya ke pasar internasional. “Pak Erick Thohir ingin produk UMKM binaan BUMN ini naik kelas, mulai dari peningkatan kualitas produk sampai pemasaran produk yang harus kita support,” tutur Arya.

Arya menambahkan bahwa Rumah BUMN harusnya menjadi rumah untuk semua UMKM baik dari pendampingan sampai ke proses produksi seperti pengepakan produk. “Tujuan bersamanya kan pengembangan bisnis UMKM, jadi proses hulu ke hilir ada peran BUMN disini. Kalau UMKM sudah naik kelas, pinjaman yang sebelumnya dari PLN bisa naik ke BRI,” lanjut Arya.

Arya pun berharap agar ekosistem Rumah BUMN ini bisa membawa tidak hanya UMKM Ibu Nurlan untuk naik kelas tapi semua UMKM yang ada di Sumbar. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan seluruh BUMN yang ada di Sumbar untuk bersinergi bersama memajukan UMKM.

Related posts