Universitas Bung Hatta Jadi titik Finish Pelari Ultra Run 120 km

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Peringatan 120 th Sang Proklamator Bung Hatta, tepatnya pada tgl 12 Agustus 2022 Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Yayasan Proklamator Bung Hatta menggelar berbagai even, yang salah satu diantara adalah Ultra Run 120K.

Ultra Run 120K, berlari sepanjang 120 sebanyak 17 orang pelari ultra dari Istana Bung Hatta Bukittingi dan Finish di Kampus Proklamator 1 Universitas Bung Hatta Ulak Karang Padang.

Read More

Pada saat start, pelari dilepas oleh Putri Bung Hatta, Prof. Meutia Farida Hatta dan Gamala Hatta beserta keluarga pada Sabtu 13/8/2022 jam 08.00. Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, M.B.A, Bupati Agam Dr. Andri Warman beserta OPD terkait, Ketua Umum YPBH Prof. Maizar Rahman, dan ketua pelaksana Ir. Iman Satria, S.T., M.T., IPM, Asean.Eng, Wakil Rektor 3 Universitas Bung Hatta, Dr. Hidayat, S.T., M.T., IPM turut hadir dalam acara pelepasan tersebut.

Pelari Ultra Run 120K sufah mulai masuk kota Padang sekitar jam 07.30 dan pada jam 10.00 WIB secara resmi disambut di Kampus Proklamator 1 oleh Rektor Universitas Bung Hatta yang diwakil oleh Wakil Rektor 3, Dr. Hidayat, S.T., M.T., IPM beserta pimpinan Fakultas, Dosen, Tendik dan mahasiswa UBH, ketua Panitia Peringatan 120 th Bung Hatta Sang Proklamator dan Alumni UBH.

Dalam sambutannya, Hidayat menyampaikan ucapan selamat kepada para pelari tangguh yang sudah sampai di tempat tujuan dengan selamat. “Selamat kepada para pelari Ultra Run 120K, anda adalah pejuang semangat dari proklamator Bung Hatta yang telah menorehkan sejarah hari ini, semoga semangatmu menular kepada semua generasi muda dalam melanjutkan kepemimpinan bangsa Indonesia” ungkap Hidayat.

Universitas Bung Hatta yang namanya melekat pada sosok sang proklamator, berkewajiban menjaga, menularkan dan mengejawantahkan karakter baik Bung Hatta kepada generasi muda umumnya dan mahasiswa Universitas Bung Hatta pada khususnya. Hal ini sudah dilakukan dengan cara memberi mata kuliah Kebunghattan kepada seluruh mahasiswa dan mengadakan kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) setiap Jum’at bagi kepada mahasiswa tahun pertama, imbuh Hidayat.

Kegiatan yang juga diikuti oleh Unit dan lembaga kemahasiswaan antara lain UKM KSR PMI, UKM Mapala Proklamator, UKM Resimen Mahasiswa, UKM Kewirausahaan dan UKM lainnya, menjadi ajang pembelajaran, peningkatan semangat dan pembentukan karakter mahasiswa.

Ketua Pelaksana Peringatan 120 Th Bung Hatta Sang Proklamator, Ir. Iman Satria, S.T., M.T., IPM , Asean. Eng juga hadir dalam acara penyambutan tersebut. Beliau menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Beyon Run, Pimpinan Klinik Rahmi Hatta dr.Syafruddin Alun beserta tim, Pimpinan, Dosen, Tendik, mahasiswa dan alumni Universitas Bung Hatta yang mendukung penuh kegiatan Ultra Run sehingga berjalan sesuai harapan.

Iman menambahkan, kegiatan Ultran Run 120K tersebut merupakan refleksi semangat Bung Hatta dalam memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan, yg harus diwariskan kepada generasi muda.

Dalam peringatan 120 th Bung Hatta Sang Proklamator mengangkat tema “Bung Hatta Pejuang Tanggung yang Berfikir visioner” dengan berbagai even antara lain Webinar Kebunghataan, Napak Tilas Perjalanan Bung Hatta, Launching Metaverse Bung Hatta Memorial Heritage dan Pergelatan Jam Gadang Orkestra.

Related posts