Upaya Pengamanan Pemilu 2024, Polda Sumbar Lakukan Simulasi SISPAMKOTA

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG – Kepolisian Daerah Sumatera Barat menggelar simulasi Sistem pengamanan Kota (Sispamkota) untuk memantapkan pengamanan saat masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Pangkalan Udara TNI AU Sutan Sjahrir, Padang.

“Sispamkota digelar untuk memantapkan persiapan para polisi ketika mengamankan Pemilu 2024 nanti,” kata Kepala Polda Sumatera Barat, Inspektur Jenderal Polisi Suharyono, usai membuka kegiatan di Padang, Sumatera Barat, Kamis, (12/10/2023).

Read More

Dia mengatakan polisi sejatinya harus terus mengasah kemampuan lewat pelatihan-pelatihan supaya mampu mengatasi segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. “Polri khususnya Polda Sumatera Barat berkomitmen untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilu yang adil, damai, dan kondusif tanpa adanya gangguan,” jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pihak agar sama-sama menjaga kondusifitas daerah selama pesta demokrasi berlangsung di Sumatera Barat.

Lebih lanjut ia menjelaskan simulasi Sispamkota digelar oleh Polda Sumatera Barat dalam rangka kesiapan Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 yang merupakan sandi pengamanan Pemilu.

Usai dibuka secara resmi, kegiatan diawali dengan patroli skala besar yang melibatkan unsur Polri, TNI, Satpol-PP, Badan SAR Nasional, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan lainnya.

Kemudian para personel Kepolisian tampak melakukan simulasi berbagai situasi dan peristiwa ketika melaksanakan pengamanan. Seperti memberikan pengamanan kepada calon presiden yang melaksanakan kampanye di Sumatera Barat, baik dalam keadaan aman maupun saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian juga dilakukan simulasi penanganan setelah pemungutan hasil sidang pleno KPU, serta penanganan aksi unjuk rasa.

“Kendati simulasi ini dibuat layaknya kejadian nyata seperti adanya kerusuhan, namun kita tidak mengharapkan situasi ini terjadi di Sumbar. Oleh karenanya kami mengimbau seluruh pihak bisa sama-sama menjaga kondusivitas daerah,” tuturnya.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts