Vaksinasi Sebagai Solusi Penyelamat Pendidikan

  • Whatsapp
Sepri Wandi (Foto. Dok. Istimewa)

Oleh: Sepri Wandi 

Pendidikan merupakan sumber utama kemajuan suatu bangsa, karna dengan melakukan pendidikan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa dapat ditingkatkan. Sumber daya manusia merupakan suatu aset utama dan terpenting yang dapat mempengaruhi pembangunan suatu bangsa tidak terkecuali bangsa indonesia. Sesuai dengan tujuan pendidikan menurut UU No. 20 tahun 2003 adalah untuk mengembangkan potensi belajar agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, beraklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mendiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.

Read More

Proses pendidikan yang baik itu akan membentuk generasi muda yang cerdas, berkualitas, sehingga mampu menghadapi tantangan dan memecahkan permasalahan hidup yang dihadapinya, hal inilah yang nantinya akan di teruskan kepada generasi-generasi muda berikutnya.

Namun kenyataannya pada hari ini kita melihat kondisi pendidikan tidak berjalan dengan baik, yang mana proses pendidikan masih di pengaruhi dengan persoalan covid-19 yang hari ini dinilai sebagai virus yang berbahaya, sehingga mengharuskan melakukan kegiata belajar mengajar secara online dan ofline. Dimana biasanya proses pendidikan dilakukan secara langsung, namun sudah memasuki tahun kedua proses pendidikan juga belum bisa dimaksimalkan secara ofline.

Dalam hal ini berpengaruh terhadap aitem-aitem pelaku pendidikan, bukan hanya tenaga pengajar yang bekerja keras dalam melakukan proses pendidikan namun hal ini juga disertai dengan orang tua yang harus mengawasi disetiap bidang pelajaran yang dilakukan oleh siswa. Sementara itu belum lagi persoalan pemahaman siswa dan ketercapainya target pembelajaran terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru, ini semua dikerenakan proses pendidikan dinilai terlalu rumit dan mahal bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yang harus melengkapi kebutuhan pendidikan anaknya ketika belajar mengajar secara online seperti koata internet, hp, leptop dan kebutuhan lainnya.

Dengan persoalan demikian membuat orang tua mengeluh dikerenakan keseinjangan ekonomi yang sudah terjadi sejak lama, sehingga membuat orang tua bisa berhadapan antara memenuhi kebutuhan keluarga atau memilih membiayai pendidikan anak. Hal ini ber potensi pada peningkatan angka putus sekolah bagi anak bangsa.

Pendikikan hari ini akan menentukan bagaimana masa depan bangsa, apakah menjadi bangsa yang cerdas dan siap berkopetensi di era globalisasi. Atau bisa saja menjadi bangsa yang terjerat atas berbagai persoalan yang dikerenakan kebijakan yang salah.

Maka dari itu perlu kiranya kita sebagai generasi muda dapat berpikir logis akan persoalan menjawab dan memperi solusi terbaik dalam menangani permasalahan pendidikan, karena sumber permasalahan pendidikan hari ini dinilai dari persoalan covid-19 yang berkembang di tengah masyarakat, sehingga pemerintah menawarkan kepada masyarakat untuk dapat melakukan vaksinasi sebagai solusi kongkrit yang harus kita sukseskan dalam menyelamat proses pendidikan yang lebih baik.

Jika proses vaksinasi telah berjalan dengan lancar dan menyeluruh dilakukan oleh pelaku pendidikan dan masyarakat umum maka akan meningkatkan ketahanan tubuh sehingga besar kemungkinan proses pendidikan akan lebih stabil kembali seperti sebelumnya.

Untuk itu mari kepada seluruh masyarakat agar dapat mensukseskan proses vaksinasi sebagai solusi dalam menyelamat pependidikan lebih baik lagi, bukti kongkrit kita sebagai generasi muda dalam menjaga dan menyelamat pendidikan untuk keutuhan bangsa yaitu dengan cara mensukseskan vaksinasi di tengah-tengah masyarakat. Sehingga nantinya proses pendidikan akan berjalan lebih baik lagi. (**)

*//Penulisan adalah Ketua Umum Barisan Milenial Pesisir selatan

Related posts