Wabup Rahmang Puji kontribusi IBI untuk Pembangunan Bangsa yang Kuat

MINANGKABAUNEWS.COM,Padang — Peringati Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 71, IBI Pengurus Cabang Padang Pariaman laksanakan seminar sehari dengan tema perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan generasi unggul, Indonesia maju. Dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, pada Minggu, 30 Oktober 2022 bertempat di Hotel Hospitality UNP Padang.

 

Ikut hadir mendampingi Wabup Rahmang Sekda Rudy Repenaldi Rilis, Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Aspinudin, Kepala DPPKB Elfia Delita, dan Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur.

 

Dalam sambutanya, Wabup Rahmang menyampaikan bahwa banyak tantangan yang harus dilewati oleh IBI dalam mengawal generasi bangsa sehingga bisa unggul, cerdas dan sehat. Terutama katanya, dalam mendampingi para ibu dan bayinya dalam upaya pencegahan stunting sejak dini.

 

“Semoga menjadi semangat yang kuat dan harapan yang kokoh untuk memajukan bangsa, tertumpang kepada keluarga besar IBI dan IBI mampu melewati berbagai tantangan itu dengan baik dan lancar,” tutur mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman ini.

 

Kemudian Wabup Rahmang menyebut, bukanlah sesuatu yang mudah bagi organisasi IBI untuk mengawal perjalanan generasi sebuah bangsa. Dan dia berharap, tema yang diangkat tersebut mampu menginspirasi dan menjadi penyemangat kerja bagi keluarga besar IBI Padang Pariaman dalam memajukan Indonesia, khususnya dalam meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak di Padang Pariaman ini.

 

“Selamat HUT IBI yang ke 71, semoga di usianya yang sudah dewasa ini semakin menunjukan kontribusi yang berarti untuk pembangunan bangsa yang kuat. Dan masyarakat Padang Pariaman menantikan kiprah IBI untuk generasi yang kuat dan berkulitas,” tandasnya.

 

Sebelumnya, Ketua PC IBI Padang Pariaman Hj. Febriyanti Putri Safart melaporkan, sejauh ini bidan telah melaksanakan berbagai kegiatan bersama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Dia menyebut, diantaranya bulan bhakti KB KES IBI, bulan imunisasi anak nasional, percepatan penurunan stunting dan pelayanan kesehatan lain di luar Kesehatan Ibu dan anak.

 

“Demikian juga dengan kunjungan PAPA Sehat Oleh bides , Penyakit tidak menular, Penyakit menular , kesehatan lingkungan,” ulasnya.

 

Lebih lanjut, katanya, di usia yang sudah tua ini IBI selalu bersinergi dengan pemerintah untuk kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Dan dia berharap, ke depan IBI bisa lebih berkontribusi maksimal untuk kemajuan KIA agar AKI dan AKB bisa diturunkan.

 

“Peningkatan kompetensi bidan sangat penting, baik formal maupun non formal yaitu dengan pendidikan profesi bidan dan pelatihan di bidang kebidanan. IBI akan terus berjuang untuk mendapatkanya untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya,” tambahnya lagi.

 

Adapun narasumber dalam kegiatan seminar sehari ini adalah dr. Muhammad Hanif, S.PoG Sepesialis kandungan RSUD Padang Pariaman. Kemudian peringatan HUT IBI yang ke 71 ini juga dirangkai dengan lomba Mars IBI yang diikuti oleh seluruh Pengurus Ranting IBI Se Kabupaten Padang Pariaman.

Related posts