Wabup Sabar AS Tinjau Banjir di Nagari Panti Timur

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PASAMAN –Wakil Bupati Pasaman Sabar AS meninjau lokasi bencana di kenagarian Panti Timur, pasca hujan lebat berkepanjangan mengakibatkan beberapa sungai meluap di Pasaman,sehingga membanjiri beberapa ruas jalan, lahan pertanian masyarakat, juga merusak rabat beton jaringan irigasi.

Wabup Sabar AS di dampingi Asisten II, Kepala Dinas PU dan Tata Ruang, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kadis Sosial, kepala BPBD, camat Panti serta Wali Nagari Panti Timur meninjau langsung keseluruhan titik yang terkena bencana tersebut, Senin (1/11/2021)

Read More

Sabar AS menyebutkan, terlihat beberapa titik cukup parah akibar banjir diantaranya, puluhan hektar sawah dan perkebunan masyarakat Panti Maninjau terendam banjir, belum adanya tanda penurunan kapasitas air yang menggenangi wilayah tersebut.

Sementara itu Sungai batang Kuamang juga meluap tadi malam, sehingga merusak puluhan meter jalan usaha tani, di tambah lagi beton Pengaman sungai tersebut juga rusak parah akibat hantaman banjir.

Bahkan beberapa kolam ikan masyarakat juga mengalami kerusakan parah, sehingga mengakibat kan kerugian besar sebagian petani ikan di wilayah tersebut.

Selain itu banjir juga melanda Kampung Labuhan Jurung, Jorong Gunung Gobah, nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, dimana beberapa hektar sawah juga mengalami kerusakan cukup Parah.

Di samping itu banjir juga menghantam perbukitan di daerah Sopan, sehingga merusak beberapa ruas jalan, mengakibatkan sangat sulit untuk dilalui oleh kendaraan.

Saat peninjauan tersebut, Wakil Bupati Pasaman menyerahkan bantuan bibit ikan Nila terhadap petani ikan yang terdampak banjir.

Guna mengatasi akses jalan Pertanian yang rusak Parah, Wakil Bupati Sabar AS kepada Dinas PUPR Pasaman memerintahkan untuk membantu secepatnya, setidaknya jalan yang rusak tersebut dapat di pergunakan kembali oleh Mayarakat sebagai mana mestinya.

Untuk saat ini kita akan tanggulangi sebisa mungkin, nanti pemerintah akan mencoba menganggarkannya, agar yang rusak dapat permanen kembali”tambahnya. (Verdi)

Related posts