Wabup Solok Selatan Ikuti Rakorwasin Keuangan dan Pembangunan Tingkat Sumatera Barat

  • Whatsapp
Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi saat memgikuti Rakorwasin Keuangan dan Pembangunan tingkat Sumbar.
Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi saat memgikuti Rakorwasin Keuangan dan Pembangunan tingkat Sumbar.

MINANGKABAUNEWS, SOLOK SELATAN — Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Intern (Rakorwasin) Keuangan dan Pembangunan Tingkat Propinsi Sumatera Barat di Padang, Kamis (3/6/2021).

Rakor yang mengangkatkan tema Sinergi BPKP dan APIP se-Sumbar Kawal Program Ketahanan Pangan di Sumatera Barat tersebut digelar oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumbar, dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Read More

Rakor yang dihadiri juga oleh Pemerintah Daerah se-Provinsi Sumatera Barat tersebut, bertujuan untuk membangun desain pengawasan untuk mengawal akuntabilitas pengelolaan program strategis pemerintah daerah di bidang pertanian, khususnya ketahanan pangan.

Gubernur Sumbar menyampaikan, bahwa Rakorwasin ini merupakan langkah awal dalam menyatukan derap langkah Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Sumatera Barat untuk mengawal tata kelola keuangan dan program pembangunan strategis daerah, dan pada tahun ini dimulai dengan mengawal program bidang pertanian khususnya ketahanan pangan untuk tercapainya peningkatan nilai tambah dan produktifitas pertanian provinsi sumatera barat.

Dukungan, kolaborasi, dan sinergitas antar lembaga pengawasan juga menjadi kunci dalam terwujudnya sistem pengawasan internal yang efektif. Gubernur Sumbar meminta dukungan dan pembinaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi RI, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan untuk terus memberikan pembinaan kepada APIP se sumatera barat.

“Saya berharap melalui kegiatan rakorwasin ini akan menjadi langkah awal kita untuk menyamakan persepsi untuk menentukan langkah-langkah apa yang harus kita ambil agar bisa mengawal prestasi dan meningkatkannya sektor pertanian melalui kolaborasi, sinergisitas, kerjasama dalam pengawasan” ungkap Gubernur.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi sepakat untuk lebih mengaktifkan pelaksanaan pengawasan intern untuk mengawal akuntabilitas dan efektivitas penyelenggaraan pembangunan di daerah melalui keberadaan APIP.

APIP merupakan instansi pemerintah yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan internal (audit intern) di lingkungan pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah.

APIP yang beranggotakan seluruh ASN pada lembaga Inspektorat daerah tersebut diharapkan mampu menjalankan fungsi-fungsi pengawasannya dalam berbagai program pertanian khususnya ketahanan pangan.

“Kita di Pemkab Solok Selatan siap untuk mendorong sinergitas BPKP dengan APIP di daerah, agar proses pembangunan dapat diawasi sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku, khususnya program-program ketahanan pangan,” terang Wabup didampingi Inspektur Akmal Hamdi.

Hadir sebagai narasumber dalam Rakorwasin ini yaitu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Ichsan Fuady, Kasatgas Pencegahan Wilayah 1 Korsup KPK Arief Nurcahyo, Inspektur 3 Itjen Kemendgari Elfin Elyas menghadiri secara daring, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis, dan sebagai moderator yaitu Plt. Inspektur Provinsi Sumatera Barat Betty Vetria. (rls)

Related posts