Wagub Audy bersama Kepala Daerah di Sumbar Lakukan Penanaman Pohon Pinago Khas Pariaman

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PARIAMAN – Usai membuka Jambore Kader PKK Berprestasi ke-XVIII Tingkat Provinsi Sumatera Barat , Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Rabu (7/7/2021) pagi, didampingi Walikota Pariaman Genius Umar dengan Wawako Mardison Mahyuddin bersama kepala daerah kabupaten/kota se-Provinsi Sumbar serta Forkopimda Provinsi Sumbar dan Forkopimda Pariaman melakukan penanaman pohon khas Pariaman yakni Pohon Pinago.

Penanaman Pohon Pinago dilakukan disekitar Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Pohon Pinago ini merupakan salah satu solusi penyelamat garis pantai di sepanjang Pantai Barat Pulau Sumatera, khususnya Kota Pariaman sebagai upaya penyelamatan terhadap abrasi pantai dan rusaknya ekosistem pinggir pantai.

Read More

Secara bergiliran, mulai dari Wagub Sumbar hingga kepala daerah kabupaten/kota se-Sumbar bergiliran menanam pohon tersebut pada lobang yang telah disiapkan oleh panitia daerah.

Di sela-sela penanaman pohon pinago tersebut, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, sampaikan upaya ini merupakan salah satu langkah dalam mencegah terjadinya bencana tsunami dan abrasi pantai.

“ Apalagi, Sumatera Barat memiliki beberapa daerah yang berada disepanjang pantai Pulau Sumatera, yang secara mitigasi bencana memiliki kerawanan terhadap gelombang laut yang tinggi, tsunami dan abrasi pantai,” ujar Audy dalam press release.

Semoga, daerah kita Sumatera Barat dan umumnya pesisir pantai Pulau Sumatera terhindar dari bahaya dan bencana, serta menghimbau seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar yang berada di pesisir pantai untuk ikut serta juga menjaga dan menanam kawasan pinggir pantai dengan tanaman yang mampu mencegah terjadinya bencana seperti yang dilakukan di Kota Pariaman ini.

Wako Pariaman Genius Umar, sampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan partisipasi dari Gubernur Sumbar, serta kepala daerah kabupaten/kota se-Sumbar yang telah ikut menanam pohon pinago ini di Kota Pariaman.

“Semoga apa yang kita lakukan ini bernilai manfaat untuk keseimbangan alam dan mencegah terjadinya bencana,” terang Walikota Pariaman ini.

Related posts