Wajah-Wajah Sumringah Mewarnai Suasana Syukuran Pemulihan Sarana dan Prasarana Vital Pasar Bawah

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWSCOM, BUKITTINGGI – Wajah-wajah sumringah dan bersyukur mewarnai suasana syukuran terlaksananya Kegiatan Pemulihan Sarana dan Prasarana Vital Dimasa Tanggap Darurat Kebakaran Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Minggu (24/10/2021).

Syukuran ini dihadiri oleh seluruh pedagang korban kebakaran 11 September 2021 lalu, bersama Walikota Bukittinggi dan jajaran Pemerintah Kota.

Read More

Suasana Pasar bawah hari ini sangat kontras, bila mengenang kembali moment duka 11 September lalu dimana pemandangan kelam diwarnai hitam dan kelabu sisa-sisa puing kebakaran dan wajah wajah murung menyelimuti pedagang kala itu.

Sementara hari ini pemandangan sangat khidmat dan semarak diantara penampakan Los pasar yang baru selesai dibangun tampak gagah dan kokoh.

Plt. Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan yang juga merangkap Plt. Asisten 1 Setdako Isra Yonza, melaporkan bahwa total biaya untuk renovasi ini berjumlah Rp. 580 juta rupiah yang bersumber dari Belanja Tanggap Darurat dan pembangunannya dilaksanakan oleh PT. Rian Surya Sakti.

Walikota Bukittinggi, Erman mengungkapkan rasa lega dan syukurnya atas moment hari ini. Dengan tulus bangga Wako memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang telah bersinergi dalam rangkaian proses pemulihan. Terkhusus kepada Kadis Koperasi UKM Perdagangan Isra Yonza dan Kepala Dinas Kebakaran Martius Bayu.

Wako Erman membagi pengetahuannya tentang sejarah Kota Bukittinggi kepada para pedagang yang hadir. Para Pedagang yang hadir pun tampak khidmat dan haru memahami bahwa sejak dahulunya, para Pedagang Pasar Atas dan Pasar Bawah adalah Pioneer ekonomi yang punya peran besar saat awal tumbuhnya Kota Bukittinggi.

“Selamat menempati Los Baru, Bapak/Ibu Pedagang kita gunakan sistim ‘elo lapiak’ (tarik tikar-red) saja dimana dulu berdagang kini disitu pulo (sekarang disitu juga- red) demi kenyamanan bersama,” Ujar Wako dalam rilis pers.

Dengan hangat dan akrab, Wako Erman beramanah kepada para pedagang “Jan Bacakak- cakak mambagi tampek (jangan berselisih membagi tempat lot jualan-red) …kalau bacakak…” ujar Wako terhenti, dan dijawab riuh sorak pedagang “jauaah rasaki… (jauh rezeki-red).

Perwakilan Pedagang, Andi Panduko, Yen Maco dan Zul Youtuber putra dari Pedagang Pasar bawah menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemko) yang bisa sangat segera.

“Kami sangat haru dan merinding, melihat bangunan Los selesai dan melihat wajah bahagia para pedagang. Terimakasih Bapak Erman Safar telah bekerja dalam diam,” ucap Zul.

Di sisi lain, sebagai wujud apresiasi para pedagang juga menyampaikan komitmen untuk membayar iuran retribusi tepat waktu.

Moment seremoni ini diabadikan dengan Penandatanganan Prasasti oleh Wako Erman Safar.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan BAZNas Bukittinggi untuk para Pedagang korban.

Related posts