Wako Erman: Formasi Pejabat yang Dilantik Saat Ini Segera Melakukan Proses Penyesuaian Diri, Ini Alasannya

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Walikota Bukittinggi, Erman Safar melantik 60 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Rabu (2/3/2022) malam.

Pejabat struktural yang dilantik tersebut terdiri dari enam pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) dan 54 pejabat Administrasi (eselon III dan IV).

Read More

Enam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik Wako Erman tersebut merupakan hasil seleksi terbuka yang proses pendaftarannya diumumkan pada 19—25 Januari 2022 lalu.

Sebagaimana diketahui, dalam pengumuman tersebut, Pemko Bukittinggi melakukan seleksi terbuka untuk Sembilan jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Jabatan yang belum terisi saat dilakukan pelantikan ini adalah Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Kebakaran.

Dari enam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tersebut, dua jabatan diisi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di luar lingkup Pemko Bukittinggi. Sementara, pada jabatan Administrasi secara umum terjadi pergeseran pejabat di beberapa jabatan, seperti pada jabatan sekretaris dinas dan lurah, di samping juga terdapat promosi.

Wako Erman Safar dalam sambutannya mengatakan, formasi pejabat yang dilantik saat ini segera melakukan proses penyesuaian diri sehingga dapat langsung bekerja karena pelaksanaan program dan kegiatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 telah memasuki bukan ke tiga.

“Saya meminta dan mengharapkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar melakukan proses percepatan realisasi kegiatan yang telah dianggarkan dalam APBD,” kata Erman.

Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik tersebut adalah Inspektur yang dijabat Elvina Kartika Esya (sebelumnya Irban Wilayah I, Inspektorat Kota Bukittinggi), Kepala Satpol PP dijabat oleh Efriadi (sebelumnya Pelaksana pada Dinas Tenaker dan Transmigrasi Prov. Sumbar), Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan dijabat oleh Nauli Handayani (sebelumnya Kabid. Pengelolaan BMD, Badan Keuangan Kota Bukittinggi).

Selanjutnya Kepala Dinas Perhubungan dijabat oleh Joni Feri (sebelumnya Pelaksana pada Dinas Sosial Kota Bukittinggi), Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dijabat oleh Hendry (sebelumnya Kabag.Pemerintahan, Setda Kota Bukittinggi), dan Kepala Dinas PUPR dijabat oleh Ebyuleris (sebelumnya Kabid. Bina Konstruksi Dinas PUPR Kab. Sijunjung).

Sementara pergeseran yang terjadi di jajaran pejabat Administrasi, antara lain:

Eryanson menjabat Kabag. Pemerintahan (sebelumnya Kabag. Kesejahteraan Rakyat), Risma Novarina menjabat Sekretaris Dinas PMPTSP (sebelumnya Sekretaris Badan Keuangan), dan Aprilia Astuti menjabat Kabid. Parekraf Dinas Parpora (sebelumnya Kabid. Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo).

Kemudian Pelaksana yang mendapatkan promosi, antara lain: Delia Annisa menjabat Kasi. Pelayanan Kecamatan Mandiangin Koto Salayan (MKS) dan (sebelumnya Pelaksana pada Inspektorat), Salman Hafiz menjabat Sekretaris Kelurahan Kubu Tanjung (sebelumnya Pelaksana pada Sekretariat Daerah), dan Nofrianto menjabat Lurah Campago Guguk Bulek (sebelumnya Pelaksana pada Badan Keuangan).

Related posts