Wako Erman Safar Buka Musrenbang Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi, Ini yang Dibahas

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Walikota Bukittinggi, Erman Safar hari ini membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat ABTB, Selasa (22/2/2022).

Camat ABTB, Nadiatul Khairiah, dalam laporannya mengatakan, Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian pelaksanaan Musrenbang Kelurahan di Kecamatan ABTB pada 2-16 Februari 2022 lalu.

Read More

“Sebelum Musrenbang Kecamatan ini diselenggarakan, telah dilaksanakan terlebih dahulu pra-Musrenbang Kecamatan ABTB pada 17 Februari 2022 lalu, guna menelitikan kembali usulan kegiatan pada Musrenbang Kelurahan, serta memilah usulan kegiatan yang sifatnya lintas Kelurahan dalam wilayah Kecamatan ABTB,” kata Nadia

Walikota Bukittinggi, Erman Safar dalam sambutannya mengatakan, beberapa kegiatan yang menjadi prioritas Pemerintah Kota (Pemko) pada tahun 2023 nanti, salah satunya mengenai pengentasan banjir di setiap Kelurahan.

“Kami berharap kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendorong perekonomian masyarakat, serta kegiatan kepemudaan di laksanakan di tiap-tiap Kelurahan,” kata Wako

Pembangunan taman/area bermain anak-anak juga tidak luput dari perhatian Wako Erman Safar.

“Jangan sampai anak-anak kita kehilangan area tempat bermain. Idealnya, setiap RW (rukun warga_red) memiliki area bermain anak. Namun, kita tidak memungkiri masalah keterbatasan lahan. Oleh karena itu, setidaknya terdapat area bermain anak minimal di tiga Kelurahan tiap-tiap Kecamatan,” terang Wako.

Sementara, Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Benny Yusrial mengatakan, pihak legislatif siap mendukung kegiatan pembangunan di Kecamatan dan Kelurahan melalui Pokir (pokok-pokok pikiran) anggota DPRD Bukittinggi.

“Keberhasilan pembangunan berawal dari perencanaan yang baik,” kata Benny.

Ada tujuh belas usulan kegiatan yang telah disaring dalam pra-Musrenbang Kecamatan ABTB yang akan ditetapkan sebagai kegiatan prioritas pada pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ABTB ini.

Ketujuh belas kegiatan tersebut meliputi kegiatan pada bidang Infrastruktur, Ekonomi, Agama, Sosial dan Budaya, serta bidang Pemerintahan yang akan diusulkan nantinya untuk dimasukkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Beberapa kegiatan tersebut seperti di bidang Infrastruktur: pengaspalan Jalan Proma sampai dengan Gang SGB pada Keluarahan Birugo dan Sapiran, serta pembuatan gorong-gorong dan trotoar Jalan Kurai di Kelurahan Pakan Labuah.

Pada bidang Ekonomi antara lain, pembuatan Gang Hijau Kelurahan dan pelaksanaan penyelenggaraan festival kuliner UMKM Kelurahan serta festival kesenian.

Sementara, pada bidang Agama, Sosial dan Budaya, seperti lanjutan pembangunan Kantor KAN Aua Birugo dan pengadaan mobiler untuk Kantor KAN Tigo Baleh.

Terakhir, di bidang Pemerintahan, seperti penambahan personil PPSU Kelurahan, serta peningkatan kapasitas dan kompetensi lembaga kemasyarakatan Kelurahan dan Kecamatan.

Kepala Bapelitbang, Rismal Hadi menerangkan, kondisi pandemi Covid-19 masih memengaruhi kemampuan keuangan daerah di tahun 2023 nanti. Oleh karena itu, penetapan kegiatan yang akan ditampung dalam RKPD Tahun 2023 nanti didasari pertimbangan kesesuaian dengan visi misi Kota Bukittinggi 2021-2026 serta terkait dengan upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Kita berharap usulan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan juga memerhatikan kelayakan teknis pelaksanaan kegiatan agar ketika telah ditampung dalam APBD Tahun Anggaran 2023, kegiatan tersebut benar-benar siap untuk dilaksanakan,” terang Rismal Hadi dalam arahan teknisnya.

Related posts