Wako Fadly Amran Salurkan Sembako Gerakan Koperasi Berbagi Terdampak Pandemi

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan sembako Gerakan Koperasi Berbagi di Kantor Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Syariah Balai Kota.

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG — Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran secara simbolis menyerahkan bantuan sembako Gerakan Koperasi Berbagi di Kantor Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Syariah Balai Kota, di Kelurahan Silaing Atas, Kecamatan Padang Panjang Barat, Jumat, (24/9/2021).

Wako Fadly menyebutkan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan dampak ekonomi bagi masyarakat. Namun demikian, Pemerintah Kota telah mengeluarkan beberapa kebijakan dengan memberikan stimulus dunia usaha dan meminimalisir resiko yang diakibatkan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Read More

Dalam kesempatan itu, Fadly menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang berinisiatif melakukan gerakan Koperasi Berbagi ini. “Mungkin ini hanya hal kecil yang kita lakukan, namun akan besar manfaatnya bagi masyarakat, apalagi di masa sulit akibat pandemi ini,” sebutnya.

Fadly berharap, mudah-mudahan hal seperti ini bisa menjadi gerakan bersama. “Kepada pengurus, sebagai koperasi yang sudah berkembang, semoga dapat menularkan ilmunya dalam memberikan manfaat sosial bagi masyarakat, kepada koperasi yang ada di Padang Panjang, maupun di daerah lain,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPN Syariah Balai Kota, Winarno menyebutkan, melihat dampak sosial dan ekonomi terhadap masyarakat akibat pandemi Covid-19, muncullah ide yang juga diprakarsai Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM) bersama pengurus koperasi untuk melakukan Gerakan Koperasi Berbagi ini.

“Sesuai dengan filosofi koperasi, kegiatan ini dari kita dan untuk kita. Melalui gerakan ini tidak saja membantu masyarakat, tetapi juga bagaimana kita mensosialisasikan koperasi kita kepada masyarakat. Di samping itu juga mewujudkan salah satu visi misi wali kota mengenai koperasi syariah,” ucapnya.

Kepala Disperdakop UKM, Arpan mengatakan, pihaknya bersama pengurus koperasi yang ada di Kota Padang Panjang melakukan koordinasi. Di samping tetap berusaha dalam menjalankan koperasi masing-masing, juga ada kegiatan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat terdampak ekonomi di tengah pandemi. “Berangkat dari itu muncullah gagasan menjadi suatu gerakan bersama. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun lalu,” katanya.

Ditambahkannya, saat ini di Kota Padang Panjang dari 48 koperasi, 32 koperasi sudah dalam proses melakukan perubahan anggaran dasar dari konvensional ke syariah. “Mudah-mudahan tahun 2023 dapat terealisasi semuanya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Disperdakop UKM, Riny Lisdayani, S.Sos menyebutkan,  masing-masing koperasi ada perhitungan pendapatan hasil usaha dan ada persenan dana pembangunan daerah kerja. Dari dana tersebut, biasanya masing-masing koperasi menyalurkan bantuan bagi masyarakat sekitar koperasi itu.

Tahun ini pihaknya bersama berbagai elemen terkait, menggagas agar kegiatan ini bisa dilakukan serentak pada bulan September dan Oktober ini.

Disampaikannya, sementara dari 23 koperasi yang ikut berpartisipasi dalam gerakan ini, didapat sebanyak 623 paket sembako yang akan disalurkan kepada masyarakat yang ada di sekitar koperasi masing-masing. “Paketnya berisi beras, minyak goreng dan telur,” imbuhnya. (Edi Fatra/des)

Related posts