Wako Sebut Saatnya Wujudkan Pengelolaan Arsip Yang Baik

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Kearsipan merupakan salah satu urusan wajib dalam penyelenggaraan pemerintahan di negara kita. Karena urusan wajib tentunya semua perangkat daerah, wajib melaksanakan dan menjalankan urusan kearsipan.

Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovatif, salah satunya dengan pengelolaan kearsipan. Karena itu, saatnya Pemerintah Daerah Kota Solok mewujudkan pengelolaan kearsipan yang baik dan penuh inovasi.

Read More

“Pada kondisi sekarang ini, arsip masih dianggap buka suatu yang penting. Bahkan banyak yang tidak peduli terkait arsip. Arsip merupakan bukti otentik dari rekaman kegiatan dan program yang ada di pemerintahan,” kata Walikota Solok Zul Elfian Umar pada bimtek peningkatan wawasan dan kapasitas kearsipan bagi kepala OPD, Senin (21/3/2022), di D’relazion Cafe.

Ditegaskan Wako, pengelolaan kearsipan harus melibatkan kepedulian Satuan Kerja Perangkat Daerah. Arsip tidak hanya menjadi beban dan Tanggungjawab pengelola arsip, tapi setiap Organisasi Perangkat Daerah harus bertanggungjawab dalam mengelola kearsipan.

“Pemerintah Kota Solok memiliki komitmen yang kuat dalam pengelolaan kearsipan. Mulai dari pembinaan arsip, bimbingan tekhnis, pengembangan pengelolaan kearsipan berbasis elektronik, rencana pengawasan kearsipan, sampai menerbitkan berbagai aturan dan ketentuan terkait kearsipan ,” ujarnya.

Disamping itu, Kota Solok sudah memenuhi empat pilar kearsipan. Sehingga, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Solok bersama inspektorat sudah bisa melaksanakan program kearsipan nasional.

Related posts