Wako Solok Hadiri Pengukuhan Gelar Danlantamal II Padang

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Walikota Solok Zul Elfian Umar Dt. Tianso menghadiri pengukuhan gelar adat Sang Sako kepada Danlantamal II Padang Laksmana Hargianto dirumah gadang suku pisang nagari Cingkariang Kabupaten Agam Sumbar.

Pengukuhan gelar suku Pisang ini, Minggu (29/8/2021) juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah serta kepala daerah di Sumatera Barat.

Read More

Datuk di Minangkabau adalah gelar adat yang diberikan kepada seseorang melalui kesepakatan suatu kaum atau suku yang ada di wilayah Minangkabau dan selanjutnya disetujui sampai ketingkat rapat adat oleh para tokoh pemuka adat setempat atau KAN.

Pemberian gelar tersebut merupakan penghormatan atas seseorang yang dianggap berjasa dan berkontribusi untuk kepentingan dan kemaslahatan umat dan bangsa.

Gelar yang diberikan oleh suku Pisang kepada Danlantamal II Padang Laksamana Hargianto yakni Gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam. Gelar ini merupakan gelar tertinggi yang tidak dapat diganggu gugat oleh suku maupun daerah lainya.

Related posts