Wako Solok Ikuti Rakor Latsirtada Nusantara ke XLIII di Gubernuran

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Walikota Solok Zul Elfian Umar mengikuti rapat koordinasi Latsirtada (Latihan Integrasi Taruna Wreda) Nusantara 2023, Selasa (6/12/2022), di Auditorium Kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang.

Latsirtada merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh Taruna Tingkat IV atau tingkat akhir taruna Akmil (Akademi Militer), AAU (Akademi Angkatan Udara), AAL (Akademi Angkatan Laut), AAD (Akademi Angkatan Darat), dan Akademi Kepolisian.

Read More

Ikut dalam rapat koordinasi tersebut Komandan Jenderal Akademi Militer Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Forkopimda, dan kepala daerah di Sumbar.

Latsirtada Nusantara ke XLIII kali ini Provinsi Sumatera Barat terpilih menjadi tuan rumah. Ini merupakan yang ketiga kalinya, dimana Latsirtada Nusantara I pada tahun 1984 dan kedua tahun 2018.

Kegiatan Latsirtada Nusantara ini fokus pada kegiatan fisik, seperti perbaikan rumah ibadah, perbaikan pos kamling, RTLH, pembersihan saluran air/drainase, perbaikan dan pengaspalan jalan, dan lainya.

Sasaran non fisik yaitu penyuluhan, wisata sejarah, peningkatan kesadaran bela negara, promosi akademi militer, IPDN, Akpol, dan tausyiah.

Paban opsdik Akademi Militer Kolonel Inf. Zulkifli mengatakan tujuan Latsirtada Nusantara adalah memantapkan jiwa integrasi antara Akademi Militer, Akademi Kepolisian, IPDN, Perguruan Tinggi, masyarakat, pengenalan daerah.

“Melalui kegiatan Latsirtada Nusantara ini integritasi antara Akademi Militer, Akademi Kepolisian, IPDN, Perguruan Tinggi, serta masyarakat akan lebih kokoh. Kemudian kesadaran bela negara menjadi meningkatkan” kata Zulkifli.

Related posts