Wako Solok : Narkoba Merupakan Masalah Bangsa Yang Dapat Merusak Moral Bangsa

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Narkoba merupakan persoalan bangsa yang dapat merusak moral dan mental. Narkoba ini harus diberantas secara serius oleh negara karena dampaknya sangat membahayakan generasi negeri ini.

Ini kata Walikota Solok Zul Elfian Umar saat menerima kunjungan Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) Kabupaten Solok, AKBP Saifudin Anshori, Rabu (15/12/2021) diruang kerja Walikota Solok.

Read More

Menurut Wako, Pemerintah harus memberikan perhatian lebih serius terhadap penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda dan kaum intelektual serta terpelajar lainya.

“Untuk penanggulangan penyalahgunaan narkoba diperlukan upaya preventif dan terpadu, represif, terapi, dan sekaligus upaya rehabilitasi terhadap pecandu narkoba,” katanya.

Lebih lanjut Wako menjelaskan narkotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

“Narkotika sangat cepat mempengaruhi susunan saraf yang membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun,” jelasnya.

Sementara, psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku.

Sedangkan zat Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistem saraf pusat. Zat adiktif ini bisa membuat ketagihan jika dikonsumsi secara rutin.

Related posts