Wali Kota Hendri Septa Ajak Lintas Sektor Ikut Sukseskan Kelurahan Cantik di Padang

  • Whatsapp
pencangan Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) di aula Kantor Camat Padang Utara, Padang, Senin, (3/9).

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG — Wali Kota Hendri Septa bersama Kepala BPS Padang melakukan pencangan Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) di aula Kantor Camat Padang Utara, Padang, Senin, (3/9/2022).

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan  mengatakan bahwa seperti yang pernah disampaikan bapak presiden Jokowi, yakni guna mewujudkan Indonesia, yang satu, kita juga harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata, membangun Indonesia-sentris dengan membangun dari pinggiran, dari desa, dari pulau terdepan, hingga perbatasan. Oleh karena itu, peran/desa Kelurahan sangatlah penting yakni sebgai subjek dan ujung tombak pembangunan Indonesia.

“Secara umum tujuan dari meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di kelurahan tepat sasaran membentuk agen-agen statistik pada level kelurahan di Padang,” Ujarnya.

“Program kelurahan Cantik tahun 2022, secara Khusus bertujuan untuk, meningkatkan kapasitas Kelurahan dalam mengidentifikasi Kebutuhan data dan potensi Yang di miliki kelurahan dalam rangka mendukung pengentasan Kemiskinan. Dari tujuan tersebut Semoga Kelurahan Lolong Belanti ini dapat memperoleh sekian Kebermanfaatan kelurahan cantik ini,” Tambahnya.

Dikatakan, Pembinaan kelurahan Cinta Statistik merupakan kegiatan pembinaan oleh Badan Pusat Statistik Kepada Kelurahan berupa Pembinaan sektoral serta pembinaan statistik sektoral serta penggunaan data itu sendiri sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Kelurahan.

Kepala BPS Kota Padang, Alfianto, S.Kom, M.Kom, juga mengatakan bahwa program kelurahan CANTIK ini Merupakan inovasi yang dilakukan BPS, di mana program ini sejalan dengan semangat Satu Data Indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan kedepan.

Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara, Kelurahan Andalas dan Ulak Karang akan menjadi kelurahan binaan untuk meningkatkan kompetensi aparatur kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan kelurahan lebih tepat sasaran.

“Kegiatan ini untuk memberikan edukasi data dan mengendalikan BPS dari Level Kelurahan,” Jelasnya.

Wali Kota Hendri Septa juga mengajak lintas sektor terkait agar ikut menyukseskan Kelurahan Cantik di 109 kelurahan di Kota Padang.

Related posts