Walikota Bukittinggi Lantik Martias Wanto Sebagai Pejabat Sekda Definitif

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, BUKITTINGGI – Melalui proses seleksi terbuka semenjak 9 September 2021 lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi akhirnya memiliki Pejabat Sekretaris Daerah definitif.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar melantik Drs. Martias Wanto, M.M. sebagai Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Jum’at (8/10/2021) malam.

Read More

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri Wakil Walikota, Marfendi, unsur Forkopimda Kota Bukittinggi, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Bukittinggi, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Drs. Martias Wanto, M.M., yang sebelumnya merupakan Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, adalah satu dari tiga kandidat yang dinyatakan lulus oleh Panitia Seleksi yang dibentuk oleh Walikota Bukittinggi.

Pada seleksi terbuka pengisian jabatan Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, bersama Ir. Melwizardi, M.Si (Plt. Asisten III/Kepala Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi) dan Drs. Syafnir, M.M (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi).

Walikota Bukittinggi, Erman Safar di awal sambutannya sempat berkelakar mengenai kesulitan yang Ia hadapi dalam menentukan siapa diantara tiga kandidat yang akan dipilihnya sebagai Pejabat Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi.

“Tiga kandidat yang dinyatakan lulus oleh Panitia Seleksi, semuanya merupakan figur terbaik untuk menjabat Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi. Untuk ini, Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras Panitia Seleksi,” ujar Erman.

“Setelah melalui proses pertimbangan yang matang, akhirnya Saya memutuskan Bapak Martias Wanto sebagai Sekda Kota Bukittinggi. Pilihan ini, saya pikir, adalah pilihan yang tepat untuk masyarakat Bukittinggi,” jelas Wako lebih lanjut

Wako Erman Safar selanjutnya mengucapkan terima kasih atas dedikasi Rismal Hadi, S.STP, M.Si. (Kepala Bapelitbang Kota Bukittinggi) yang telah memangku jabatan sebagai Penjabat Sekda Kota Bukittinggi selama kurun waktu tiga bulan belakangan ini.

“Selama kurun waktu tersebut, telah banyak pekerjaan-pekerjaan pemerintahan yang terselesaikan, seperti: penyusunan dokumen RPJMD, Renstra SKPD, R-KUA/PPAS serta R-PAPBD Tahun 2021, dan banyak pekerjaan lainnya,” tutur Erman

Wako Erman Safar mengharapkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Bukittinggi agar segera berkolaborasi dengan pejabat Sekretaris Daerah yang baru guna melakukan akselerasi penyelengaraan pelayanan kepada masyarakat.

“Kehidupan masyarakat yang masih diliputi kondisi pandemi Corona Virus Disease (Covid- 19) menjadikan posisi pemerintah sebagai harapan oleh masyarakat. Bagaimana masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pokok serta tetap terjaga kesehatannya, merupakan fokus program kita ke depannya,” terang Wako.

Ini Profil Singkat Pejabat Sekda Baru,
Drs. Martias Wanto, M.M, (Pembina Utama Madya/IVd), pria kelahiran Lubuk Basung ini pada 55 tahun lalu, memulai karir selaku ASN pada Pemerintah Kabupaten Agam sebagai Kasubsi. Keberatan Dispenda Kab. Agam (1989-1995).

Rentetan karirnya setelah itu cukup panjang, antara lain, Ia pernah menjabat sebagai Camat IV Angkat Canduang (2002-2007), Kepala Bagian Organisasi (2007-2008), Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (2011-2012), Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (2012-2016), hingga menjabat Sekretaris Daerah Kab. Agam (2016-2021).

Kemudian jenjang pendidikan yang Ia lalui: tamatan SD Nomor 1 Pekan Jumat, Tilatang Kamang (1979), SMP 1 Pekan Kamis, Tilatang Kamang (1982), dan SMA Negeri 2 Bukittinggi (1985).

Dilanjutkan untuk jenjang Pendidikan strata satu (S1) Ia tempuh di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) di Jakarta, jurusan Tata Praja, pada tahun 1994. Gelar kesarjanaan strata dua (S2) Ia dapatkan pada Universitas Negeri Padang (UNP), jurusan Manajemen Keuangan Daerah pada tahun 2011.

Related posts