Walikota dan DPRD Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS Kota Bukittinggi Tahun 2022

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM – BUKITTINGGI – Walikota Bukittinggi, Erman Safar dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi menandatangani Nota Kesepakatan Kebijakan Umum APBD (KUA)-Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2022, dalam Rapat Paripurna DPRD, Selasa (26/10/2021).

Wako Erman Safar mengatakan, penyusunan KUA Tahun 2022 merupakan salah satu instrumen untuk menyinkronkan antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Pembangunan Tahunan yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Read More

Penyusunan KUA tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Hasil kesepakatan KUA dan PPAS ini dijadikan sebagai pedoman penyusunan Rancangan APBD Tahun 2022, yang juga akan diajukan oleh Walikota kepada DPRD untuk dibahas dan disepakati bersama nantinya,” jelas Wako dalam rilis pers.

Hal-hal penting yang disepakati antara Walikota dengan DPRD dalam KUA Tahun 2022 meliputi kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

Pendapatan Daerah pada KUA dan PPAS APBD Kota Bukittinggi Tahun Anggaran 2022 disepakati sebesar Rp587.182.462.670,-. Belanja Daerah sebesar Rp857.420.430.681,- sementara Pembiayaan Daerah sebesar Rp100 miliar.

Dari komposisi tersebut, rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 diperkirakan mengalami defisit sekitar Rp183 miliar.

“Kondisi defisit tersebut akan kita seimbangkan dengan alternatif kemungkinan penambahan pendapatan melalui kajian potensi penambahan pendapatan daerah, baik dari sisi Pajak Daerah maupun Retribusi Daerah, atau akan dilakukan rasionalisasi kegiatan pada OPD berdasarkan kebutuhan dan skala prioritas,” terang Wako Erman Safar.

Related posts