Wawako Solok Gelar Audiensi Dengan PT. KAI

  • Whatsapp
Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra saat audiensi dengan PT. KAI wilayah Solok

MINANGKABAUNEWS, SOLOK — Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra menggelar audiensi dengan jajaran PT. Kerata Api Indonesia (KAI) Divisi Regional II wilayah Solok, Kamis (6/5/2021) di ruang rapat Walikota Solok.

Selain itu, kata Wawako, kedatangan PT. KAI Drive II wilayah Solok untuk menjalin kemitraan yang lebih luas terkait aset PT. KAI yang dimanfaatkan untuk kepentingan umum.

Read More

“Kedatangan jajaran PT. KAI Drive II Provinsi Sumbar wilayah Solok merupakan hal yang positif. Diantaranya yang terkait dengan aset PT. KAI yang saat ini digunakan Pemko Solok untuk kepentingan umum. Kedepan kemitraan ini akan diperluas dibidang lainya,” katanya.

Untuk diketahui, keberadaan jalur kereta api di Kota Solok tidak lepas dari sejarah perkembangan jalur transportasi perkeretaapian di Indonesia pada umumnya dan Sumatera Barat, khususnya.

Pembangunan jalur kereta api di Kota Solok bermula ditemukannya batubara Ombilin tahun 1868. Pemerintahan Hindia Belanda berinisiatif untuk membangun jalur kereta api di Kota Solok yang terhubung ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Kereta api yang ada di Solok mulai beroperasi 1896 sebagai angkutan batubara yang digunakan oleh Pemerintahan Kolonial Belanda. Kereta api ini beroperasi sebagai alat transportasi angkutan batubara dan penumpang dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Ketika itu kereta api yang digunakan sebagai angkutan barang dan angkutan penumpang adalah lokomotif uap akan mulai menghilang setelah datangnya lokomotif BB 303 dan lokomotif BB 204. Selain itu setelah masa kemerdekaan kereta api yang digunakan adalah Genofe Ekpres.

Related posts