Wawako Solok Sebut Kesehatan Hak Kebutuhan Dasar Masyarakat

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Kesehatan merupakan hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh negara. Dimana setiap warga negara berhak mendapatkan layanan kesehatan yang layak dan memadai tanpa pengecualian.

Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Senin (5/7/2021) saat memantau pendataan warga Kota Solok yang belum masuk JKN di Kantor lurah Tanjung Paku mengatakan secara kerangka pemenuhan hak dasar atas kesehatan bagi masyarakat merupakan kewajiban negara.

Read More

“Pemerintah harus menjunjung tinggi hak atas kesehatan bagi seluruh masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup yang sehat agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” kata Wawako.

Lebih lanjut Wawako menyebutkan pada Pasal 19 ayat (2) UU Nomor 40 Tahun 2004 Tentang SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) menegaskan “Jaminan kesehatan diselenggarakan dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatanya.”

“Dengan dasar UU tersebut kami Pemerintah Kota Solok ingin mewujudkan layanan kesehatan gratis pada masyarakat Kota Solok dalam bentuk pemenuhan hak dasar masyarakat melalui BPJS Kesehatan,” sebutnya.

Selanjutnya Wawako mengungkapkan proses verivali (verifikasi dan validasi) data untuk penerima program JKN tahun 2021 yang berasal dari APBD Kota Solok perlu dilakukan updating data masyarakat. Baik itu yang sudah dilakukan JKN maupun yang belum untuk menghindari duplikasi atau tercecer.

“Jika pendataan ini selesai warga Kota Solok yang sudah didata akan ditempatkan di kelas III dan seluruh pembiayaan ditanggung APBD. Karena itu perlu dilakukan verifikasi dan updating data,” ungkapnya.

Related posts