Wisata Masjid Ummi, Alahan Panjang, Sumatra Barat

  • Whatsapp

Oleh: Mardika Partiwi

Kota dingin tanpa salju merupakan julukan dari Nagari Alahan Panjang, salah satu Nagari di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Nagari Alahan Panjang ini memiliki suhu 13ÂșC, dan di nagari ini kita akan banyak melihat orang-orang yang mengenakan kain sarung sebagai ganti jaket, karena memang udaranya yang sangat dingin. Nagari ini merupakan salah satu sumber sayur mayur karena tanah dan lahannya yang subur, sehingga nagari ini terlihat begitu hijau dan bahkan sebagian besar dari penduduknya adalah petani. Jika kita yang bukan penduduk asli disana maka udaranya akan sangat-sangat terasa dingin, dan hendaknya jika ingin berkunjung ke daerah ini harus membawa baju dingin.

Read More

Selain itu Nagari ini juga mempunyai pesona alam yang tak kalah menarik dengan wisata-wisata lainnya yang mengundang para wisatawan untuk berkunjung kesana. Salah satu yang terkenal dengan Nagari Alahan Panjang yaitu Danau Kembar (Danau Atas dan Danau Bawah), sebagian orang mungkin hanya tahu dengan danaunya saja, namun banyak wisata-wisata lain yang juga menarik, salah satunya yaitu Masjid Ummi.

Mungkin terdengar sangat religi, namun para pengunjung yang datang ke Masjid ini tidak hanya untuk beribadah tetapi juga dapat menikmati indahnya pemandangan danau yang lepas dan suasana yang sejuk, halaman yang luas dan bersih, hal itu membuat para pengunjung nyaman. Di belakang Masjid Ummi ini terdapat pemandangan danau yang luas dan bersih ditambah dengan jejeran batang pinus menambah keindahan pesona danaunya, yaitu Danau Atas yang tak puas-puasnya kita memandang, para pengunjung bisa berfoto dan mandi-mandi disana karena di tepi danau itu airnya dangkal.

Tiupan angin dari danaunya menghasilkan udara yang sejuk dan fresh, halaman Masjid Ummi yang bersih dan dihiasi dengan dedaunan yang hijau membuat mata tak henti-hentinya untuk melihat keindahannya. Bangunan Masjidnya yang indah juga membuat para pengunjung yang hendak melaksanakan ibadah merasa nyaman dan khusyuk, ukiran yang terdapat pada dinding-dinding Masjid terkesan mewah dengan warna keemasan, perpaduan catnya bagus dan tidak terlalu mencolok, tempat berwudhupun juga selalu bersih karena ada garim yang selalu gesit membersihkan dan menjaga kebersihan Masjid ini.

Banyak para pejalan yang mampir ke Masjid Ummi guna melaksanakan ibadah sholat sembari mengajak keluarganya untuk berekreasi, bahkan saat hari libur jumlah pengunjung jauh lebih banyak, karena memang di sengajakan untuk berkunjung kesana. Bagi yang ingin berwisata religi dan merasakan udara sejuk musim dingin di luar Negeri tapi belum kesampaian bisa berkunjung ke Masjid Ummi ini. Masjid ummi ini juga menjadi destinasi wisata andalan bagi para remaja yang hobi traveling dan hunting.

/*Penulis: Mahasiswi Jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas

Related posts